SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan Pendidikan Di Pondok Pesantren Syafii Akrom Kota Pekalongan Dalam Perspektif Humanisme Religius
Pesantren sebagai salah satu pendidikan Islam telah membuktikan keberadaan dan keberhasilannya dalam peningkatan sumber daya manusia (human resources development). Pesantren juga memiliki keunikan tersendiri dalam hal pelaksanaan pendidikannya. Pesantren berpotensi untuk mengembangkan pendidikan yang berbasis humanisme religius karena salah satu nilai humanisme religius yang berupa kemandirian santri dapat terlihat di antaranya dari metode sorogan yang sudah lazim digunakan dalam pesantren.
Berkaitan dengan hal di atas, dalam skripsi ini penulis mengajukan rumusan masalah yaitu: Bagaimana pelaksanaan pendidikan di PP Syafii Akrom kota Pekalongan dalam perspektif humanisme religius?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan di PP Syafii Akrom kota Pekalongan. Pendeskripsian pelaksanaan pendidikan tersebut dalam lima aspek, yaitu: aspek guru/ ustadz, aspek metode, aspek peserta didik/ santri, aspek materi, dan aspek evaluasi. Dari pendeskripsian mengenai pelaksaan pendidikan di PP tersebut kemudian bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan yang berbasis humanisme religius di PP Syafii Akrom kota Pekalongan Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis, dapat memperkaya khasanah pemikiran dalam pendidikan Islam khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan dalam perspektif humanisme religius. Untuk kegunaan praktisnya adalah memberi masukan bagi para praktisi dan pengelola pendidikan dalam mendesain metodologi pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, guru dan santri pondok pesantren. Penentuan subjek/ informan menggunakan purposive, dengan seleksi komprehensif mengenai nama dan perannya yang ada dalam dokumen pondok. Sedangkan pengumpulan data dengan pengamatan terlibat/ partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis menurut Matthew dan Michael dengan melibatkan tiga komponen analisis yaitu data reduction, data display dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan di PP Syafii Akrom dalam perspektif humanisme religius, meliputi: 1) Dari aspek guru/ ustadz, para ustadz di PP Syafii Akrom telah menjalankan fungsinya sebagai guru, yaitu melakukan transfer of knowledge, transfer of values, dan yang lebih penting adalah mampu mengembangkan individu dalam rangka menerapkan dan meraih tanggung jawab (istikmal). 2) Dari aspek metode, walaupun metode pembelajarannya lebih banyak menggunakan
mendukung tercapainya tujuan pendidikan di pondok tersebut, yaitu pencapaian akhlakul karimah yang berimplikasi terhadap hubungan antar sesama manusia dan hubungan dengan Sang Pencipta, Allah SWT. 3) Dari aspek peserta didik/ santri, mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya mencari ilmu , dari kesadaran tersebut menyebabkan mereka bersemangat dalam menjalani proses belajar mengajar, dan bukan karena motif ijazah oriented. 4) Dari aspek materi, materi pokok di PP Syafii Akrom adalah kitab kuning. Namun, ada materi lain yang tidak tertulis seperti pembelajaran kedisiplinan melalui sholat berjamaah, kemandirian santri dalam me-manage waktu, latihan berwirausaha melalui , koperasi pondok, dan pendistribusian susu sapi hasil komoditi pondok. Artinya, PP Syafii Akrom memerhatikan nilai-nilai humanisme religius, seperti potensi, kemandirian, dan spiritualisme santri 5) Dari aspek evaluasi, catatan mengenai perkembangan santri merupakan evaluasi yang utama di pondok.
09SK095521.00 | SK PAI13.955 AGU p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain