SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Pengajaran Remedial Teaching Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan
Kesulitan belajar merupakan hal-hal atau gangguan yang dapat mengakibatkan kegagalan atau setidaknya menjadi gangguan yang dapat menghambat kemajuan prestasi belajar peserta didik. Untuk mencegah dan mengatasi sebab-sebab kesulitan belajar peserta didik tersebut, perlu kerjasama antara peserta didik, orang tua dan sekolah. Bagi guru, banyak alternatif yang dapat diambil dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya, seperti mengadakan remedial teaching (pengajaran perbaikan).
Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimana proses pembelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan? Apa kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan? Bagaimana penerapan pengajaran remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan? Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan, untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan penerapan pengajaran remedial teaching dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan. Sedangkan kegunaannya yaitu secara teoritis dapat menambah wawasan keilmuan dalam bidang pendidikan, terutama yang berkaitan dengan penerapan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik, dan secara praktis sebagai wawasan tentang pentingnya remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa remedial teaching adalah bentuk pengajaran yang bersifat kuratif (penyembuhan) dan atau korektif (perbaikan). Pengajaran remedial ini merupakan bentuk khusus pengajaran yang bertujuan untuk menyembuhkan atau memperbaiki proses pembelajaran yang menjadi penghambat atau yang dapat menimbulkan kesulitan dalam belajar peserta didik. Kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits yang sering dialami peserta didik adalah keterlambatan kemampuan membaca, mengalami kesulitan dalam mengartikan atau mengenali struktur kata-kata atau memahaminya, dan cepat melupakan apa yang telah dibacanya. Penerapan pengajaran remedial teaching pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Salafiyah Al-Muttaqin Medono Pekalongan sasaran pokonya adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar sehingga peserta didik tersebut bisa terlepas dari kesulitan tersebut dan dapat mengahadapi pembelajaran Al-Quran Hadits secara efektif.
09SK095221.00 | SK PAI13.952 MUN p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain