SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Ganjaran (Reward) Dan Hukuman (Punishment) Kelas II Di SD Negeri 01 Kaibahan Kesesi Pekalongan
Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu siswa SD Negeri 01 Kaibahan Kesesi Pekalongan khususnya Kelas II kurang berminat dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam banyak yang masih di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu dari 34 siswa hanya 13 siswa (38%) saja yang tuntas KKM dengan rata-rata nilai kelas 63. Selain itu ketika kegiatan belajar mengajar belangsung banyak siswa yang ramai dan gaduh. Hal ini menunjukkan
bahawa masih rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Perumusan masalah yang ada adalah: (1) Bagaimana minat belajar siswa
kelas II terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum penerapan
metode ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) di SD Negeri 01 Kaibahan
Kesesi Pekalongan. (2) Bagaimana minat belajar siswa kelas II terhadap mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam sesudah penerapan metode ganjaran (reward)
dan hukuman (punishment) di SD Negeri 01 Kaibahan Kesesi Pekalongan.
Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara teoritis dapat memberikan
pengetahuan tentang bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa terutama
pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan secara praktis dapat
digunakan sebagai bahan referensi bagi guru dalam menerapkan metode ganjaran
(reward) dan hukuman (punishment) pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Metode penelitian : jenis pnelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah
sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian diawali dengan
mengetahui terlebih dahulu kondisi prestasi belajar siswa pada tahap pra siklus
dilanjutkan dengan tiga siklus atau tiga tahapan dengan tiap tahapan terdiri dari
empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan
menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Dari data yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II dan
siklus III diperoleh hasil Pada Minat Belajar Siswa, dari data diperoleh hasil yang
terus meningkat dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I minat belajar
siswa menunjukkan kategori baik dengan jumlah rata-rata 37 % hal ini masih
perlu adanya perbaikan , kenudian mengalami kenaikan rata-rata pada siklus II
yaitu 53%, kondisi ini masih dalam kategori baik dan masih perlu diadakan
perbaikan lagi. Di siklus III minat belajar siswa menunjukkan kategori sangat baik
dengan jumlah rata-rata 72%, kondisi ini harus dipertahankan.Pada Hasil Nilai
Ulangan, dari data yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II dan
siklus III diperoleh hasil tes yang terus meningkat yang menunjukkan
meningkatnya minat siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
pada pra siklus nilai rata-rata 63 dengan siswa yang tuntas KKM ada 13 siswa
(38%) dan yang belum tuntas ada 21 siswa (47%). Siklus I menunjukkan
peningkatan rata-rata nilai ulangan menjadi 70 dengan jumlah siswa tuntas KKM
18 siwa (53%) dan yang belum tuntas 16 siswa (47%). Dan pada siklus II ada
peningkatan lagi pada rata-rata nilai ulangan menjadi 80 dengan jumlah siswa
yang tuntas KKM adalah 28 siswa (82%) dan yang belum tuntas ada 6 siswa
(18%). Dan terjadi peningkatan yang lebih baik lagi pada siklus III yaitu nilai
rata-rata ulangan harian dari 80 menjadi 92 dengan jumlah siswa tuntas KKM dari
28 siswa (82%) menjadi 34 siswa (100%) dan yang tidak lulus KKM tidak ada
(0%).Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat
belajar siswa melalui metode ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II di SD Negeri 01 Kaibahan
Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan telah berhasil. Meningkatnya minat
belajar siswa dapat dibuktikan dengan hasil pengamatan minat belajar siswa dan
hasil ulangan yang meningkat dari pra siklus, siklus I, siklus II, sampai siklus III.
09SK095021.00 | SK PAI13.950 DEW u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain