SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Strategi Guru Kelas Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SD Legokkalong 3 Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Latar Belakang Masalah: Meskipun manusia telah dinyatakan sebagai
makhluk yang memiliki kelebihan dibanding makhluk makhluk yang lain tetapi
manusia mempunyai kelemahan-kelemahan memiliki kecenderungan manusiawi dan
berbagai macam kebutuhan material dan spiritual. Dengan kelemahan-kelemahannya
itu manusia sangat mungkin melakukan kesalahan-kesalahan dan pelanggaran.
Adapun rumusan masalah yang penulis diajukan dalam penelitian ini ialah:
Bagaimana akhlak siswa di SD Negeri legokkalong 3 karangnayar kab.pekalongan,
Bagaimana strategi guru kelas dalam pembinaan akhlak siswa di SD Negeri
legokkalong 3 karanganyar Kab.Pekalongan, Faktor-faktor apa yang mempengaruhi
pembinaan akhlak siswa di SD Negeri legokkalong 3 karanganyar Kab.Pekalongan.
tujuan penelitian ini untuk mengetahui akhlak siswa di SD Negeri Legokkalong 3
Karanganyar Kab. Pekalongan, untuk mengetahui strategi guru kelas dalam
pembinaan akhlak siswa di SD Negeri Legokkalong 3 Karanganyar Kab.
Pekalongan, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembinaan
akhlak siswa di SD Negeri Legokkalong 3 Karanganyar Kab. Pekalongan.
Kegunaan penelitian ini diharapkan menambah wawasan bagi guru agar harus
dapat menjadi contoh (suri teladan) bagi peserta didik, karena pada dasarnya guru
adalah representasi dari sekelompok orang pada suatu komunitas atau masyarakat
yang diharapkan dapat menjadi teladan yang dapat digugu dan ditiru, selain itu yang
terpenting adalah diharapkan peserta didik mampu menerapkan nilai nilai akhlak
dalam kehidupan sehari hari baik di lingkungan sekolah maupun dalam
masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research).
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif dengan
menggunakan analisis kualitatif deskriptif
Hasil penelitian ini adalah dari data wawancara, Observasi, dan dokumentasi
menunjukan Akhlak sebagian siswa SD Negeri legokkalong 3 karanganyar masih
kurang baik perlu mendapat perhatian khusus dari guru kelas, pelanggaran yang
biasa dijumpai antara lain masih terdapat anak yang belum bisa bertutur kata dengan
baik, saling mengejek antar teman, bermain bola dilapangan upacara dan masih
terdapat siswa yang enggan berangkat sekolah. Strategi yang dipakai guru kelas
dalam pembinaan akhlak di SD Negeri legokkalong 3 karanganyar sangatlah variatif
sesuai dengan tingkatan umur dan keadaan yang sedang dihadapi. Strategi yang
dipakai guru kelas antara lain aktif dan menyenangkan, hukuman, nasehat,
pembiasaan, keteladanan dan kedisiplinan. Faktor-faktor yang mempengaruhi
pembinaan akhlak ada 2 yaitu faktor internal adalah sifat yang melekat sejak masih
dini antara lain sifat yang susah di atur dan kecerdasan intelektual yang rendah.
Faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar seperti lingkungan tempat bermain,
teman, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.
09SK094321.00 | SK PAI13.943 YUN s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain