SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Beyond Centers And Circles Time ( BCCT )
Kecerdasan verbal linguistik merupakan kecerdasan yang dikaruniakan oleh
Allah Swt. sejak lahir berupa tangisan anak ketika lahir. Namun tugas Pendidik/Orangtua belum selesai sampai di sini saja. Pendidik/orangtua perlu
memberikan stimulasi-stimulasi agar perkembangan kecerdasannya menjadi
semakin baik untuk bekal di kemudian hari anak tersebut. Sejak bayi, anak
memiliki pendengaran yang cukup baik sehingga baik sekali berkomunikasi dan
menstimulasi anak dengan mengajaknya berbicara. Meskipun bayi hanya
mendengar dan melihat gerakan lidah, tetapi ia memahami bahwa bunyi
merupakan unsur penting dalam bahasa, dan usia enam bulan anak akan
mengulangi suku-suku kata yang didengarnya. Dengan terus menerus mengajak
anak berbicara merupakan langkah awal melatih anak berbicara, yang merupakan
unsur penting dalam berkomunikasi dan keterampilan sosial. Berbagai metode
dikembangkan untuk menstimulasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini,
salah satunya adalah metode yang masih digunakan Pendidikan Anak Usia Dini,
yakni metode BCCT (Beyond Centers and Circles Time). Permasalahan dalam
skripsi yaitu Bagaimana proses perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak
usia dini dan bagaimana aplikasi metode BCCT (Beyond Centers and Circles
Time) dalam proses perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini.
Tujuan dari disusunnya skripsi ini adalah untuk mengetahui proses
perkembangan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini dan untuk mengetahui
perkembangan kecerdasan verbal linguistik melalui metode BCCT (Beyond
centers and circles time). Sedangkan kegunaan dari penelitian ini dibagi menjadi
dua yakni kegunaan ditinjau secara teoretis dan secara praktis. Kegunaan secara
teoretis bahwa penelitian ini digunakan sebagai bahan masukan bagi dunia
pendidikan, khususnya pendidikan anak tentang penggalian potensi anak usia dini
dengan mengembangkan kecerdasan verbal linguistik, sebagai bahan pemikiran
bagi pendidik/orang tua dalam menggali potensi anak usia dini dengan
mengembangkan kecerdasan verbal linguistiknya, sebagai bahan kajian dalam
memperkaya khasanah keilmuan dalam studi pendidikan bagi anak usia dini
dalam pengembangan potensi baik dalam bidang keagamaan maupun kecakapan
hidup bagi pendidik maupun orang tua, untuk menambah wawasan tentang
pengembangan kecerdasan anak usia dini pada kecerdasan verbal linguistiknya,
dan bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya untuk orang tua sehingga tidak
terjadi salah persepsi dan salah asuh terhadap anak usia dini. Kegunaan penelitian
ini secara praktis adalah bahwa setelah konsep skripsi ini diperoleh, dan
diharapkan akan dapat dijadikan pedoman bagi orang tua, guru, masyarakat sebagai pendidik dalam mendidik anak serta dapat diterapkan dalam pendidikan
akhlak.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (lybrary research) yaitu
penelitian yang dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, baik
dari perpustakaan maupun di tempat-tempat lain. Literatur yang dipergunakan
tidak terbatas hanya pada buku, tetapi dapat juga berupa bahan-bahan
dokumentasi, majalah, koran, berupa bahan tertulis. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Sumber data baik yang berupa primer maupun data
sekunder diperoleh dari data-data yang berhubungan dengan konsep tentang
metode pembelajaran BCCT (Beyond Centres and Circles Time) dan kecerdasan
verbal linguistik anak usia dini serta buku-buku lain yang mendukung
pembahasan masalah. Setelah data terkumpul, dikelompokkan sesuai dengan
sifatnya masing-masing dalam bentuk bab-bab guna mempermudah dalam
menganalisis data. Dalam menganalisis data digunakan metode deskripsi yaitu
metode yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada,
baik mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh,
proses yang sedang berlaku, akibat atau efek yang terjadi atau kecenderungan
yang sedang berkembang sertadigunakan pula metode deduksi yaitu metode yang
menggunakan cara berpikir berangkat dari fakta-fakta yang umum, kemudian
ditarik menjadi generalisasi yang bersifat khusus.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses perkembangan
kecerdasan verbal linguistik anak usia dini terjadi secara bertahap sesuai dengan
usia pertumbuhan anak tersebut, apabila anak lahir dan tumbuh dengan normal.
Pengalaman awal memiliki pengaruh kumulatif, artinya bahwa jika suatu
pengalaman jarang terjadi maka hanya berpengaruh sedikit terhadap
perkembangan anak. Sebaliknya, jika suatu pengalaman yang sama sering terjadi,
maka akan berpengaruh kuat dan bertahan lama pada anak. Sedang pengalaman
awal memiliki pengaruh tertunda, artinya bahwa suatu perlakuan tertentu yang
diberikan pada anak pengaruhnya tidak langsung terasa saat itu juga, tetapi
memerlukan waktu yang cukup lama. Aplikasi metode BCCT (beyond centers
and circles time) dalam proses pengembangan kecerdasan verbal linguistik anak
usia dini adalah dalam kegiatan pembelajaran yang dalam pelaksanaannya
menggunakan menu pembelajaran yang disebut menu pembelajaran generik. Di
dalam menu pembelajaran generik, anak usia dini diberikan stimulasi sesuai
dengan usia dan perkembangannya. Proses pembelajarannya menggunakan sistem
belajar sambil bermain yang disusun dalam kurikulum terpadu pendidikan anak
usia dini dan setiap sentra pembelajaran diajarkan keaksaraan, keaksaraan
dimaksudkan agar anak dapat berkembang bahasanya, baik bahasa verbal maupun
nonverbal. Pengembangan bahasa verbal anak dapat berupa celotehan anak,
bahasa anak (yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa Indonesia),
komunikasi verbal anak, dan pembiasaan bahasa yang baik kepada anak.
09SK093721.00 | SK PAI13.937 ZAH p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain