SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Desa Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan didukung oleh lingkungan masyarakat tempat pendidikan itu berlangsung. MI Wahid Hasyim merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar bagi masyarakat desa Warungasem khususnya dan lingkungan sekitar desa Warungasem pada umumnya yang menginginkan anaknya mengenyam pendidikan formal dengan mendapatkan pengetahuan umum dan agama. Masyarakat lebih berminat menyekolahkan anaknya ke MI dibandingkan ke SD. Dalam penelitian ini bermaksud melihat persepsi masyarakat terhadap pendidikan MI Wahid Hasyim.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana pendidikan di MI Wahid Hasyim?, bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan MI Wahid Hasyim? adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendidikan di MI Wahid Hasyim, dann untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan MI Wahid Hasyim.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan bentuk penelitian lapangan (fields reseach), yaitu penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di MI Wahid Hasyim. Penelitian ini menganalisa permasalahan yang muncul di lokasi penelitian tentang persepsi masyarakat terhadap pendidikan MI Wahid Hasyim secara mendalam. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa para orang tua, tokoh masyakat desa Warungasem, sedangkan sumber data sekunder memuat informasi tambahan yang berkaitan dengan pokok permasalahan, sedangkan analisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif
Dari hasil penelitian diantaranya: Pendidikan di MI Wahid Hasyim dilaksanakan berdasarkan komponen-komponen yaitu tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, media pendidikan yang berupa sarana prasarana, peralatan dan sumber pembelajaran, serta evaluasi pendidikan. Mengembangkan minat dan bakat dalam ekstrakulikuler dan melaksanakan kegiatan penanaman nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan. Persepsi masyarakat tentang pendidikan di MI Wahid Hasyim bahwa pendidikan di MI Wahid Hasyim sebagai lembaga pendidikan umum yang berciri khas agama Islam, yang berfungsi sebagai pengembang dasar-dasar ilmu dan keterampilan, sedangkan kurikulum yang ada di MI Wahid Hasyim menerapkan KTSP yang dibuat berdasarkan keadaan yang terjadi di masyarakat dan menanggapi tantangan yang ada pada masyarakat sekitar. Persepsi masyarakat tentang pendidik di MI Wahid Hasyim sudah kompenten karena sudah memenuhi kriteria persyaratan sebagai seorang guru, sedang tentang peserta didik masyarakat menganggap bahwa peserta didik di MI Wahid Hasyim adalah makhluk yang masih membawa kemungkinan untuk berkembang, baik jasmani dan rohani, ia memiliki jasmani yang belum mencapai taraf kematangan baik bentuk, kekuatan maupun perimbangan bagian-bagiannya.
09SK093621.00 | SK PAI13.936 RIS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain