SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Antara Perkembangan Kognitif Dengan Perilaku Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan Tahun 2009/2010
Manusia merupakan makhluk yang sangat berbeda dengan makhluk yang lainnya di dunia ini. Salah satu yang membedakan dengan makhluk lain yaitu dimilikinya akal pikiran. Dengan akal pikiran itu, manusia dapat mempertimbangkan segala sesuatu nyang dilakukannya. Hampir setiap tindakan yang dilakukan tidak luput dari keputusan kognitif yang dibuatnya. Keputusan kognitif yang dibuat oleh seseorang dengan orang lainnya dimungkinkan ada perbedaan karena perkembangan kognitif awal yang berbeda.
Dengan ini seseorang ketika dihadapkan dengan hal yang dilematis maka kita akan tahu bagaimana seseorang itu membuat keputusan kognitif dalam masalah, dan akan tampak pula alasan-alasan mengapa memilih dari salah satu kegiatan dan bagaimana kenyataan perilaku yang akan dilakukan seseorang tersebut.
Dalam penelitian ini, peneliti akan memaparkan 3 permasalahan antara lain : Bagaimana perkembangan kognitif siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan?, Bagaimana perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan?, Bagaimana korelasi antara perkembangan kognitif dengan perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif dan untuk mengetahui perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam mengembangkan teori tentang perkembangan kognitif yang berkaitan dengan perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bahan masukan untuk membuat kebijakan tentang penyusunan progam-progam pengembangan kognitif dan perilaku siswa yang positif dalam kehidupan baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedang jenis penelitian ini adalah studi kasus. Adapun variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (perkembangan kognitif), dan variabel terikat (perilaku siswa). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan yang berjumlah 164 siswa, sedang sampel 25% dari jumlah populasi berjumlah 40 siswa. Sedang tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Jenis analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis statistik product moment untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara perkembangan kognitif dengan perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salfiyah Kertoharjo Kota Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif berhubungan dengan perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kertoharjo Kota Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan pada taraf signifikan 5% dengan Db = 38 didapatkan rt = 0,320, sedangkan rxy = 0, 747. Dengan demikian rxy lebih besar dari pada rt , maka hasilnya 0.747>0.320. Hal ini berarti bahwa perkembangan kognitif behubungan terhadap perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kertoharjo Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2009 / 2010, Sedangkan pada taraf signifikasi 1% dengan Db = 38 didapatkan rt = 0,413, sedangkan rxy = 0,747. Dengan demikian rxy lebih besar dari pada rt , maka hasilnya positif. Hal ini berarti bahwa perkembangan kognitif berpengaruh terhadap perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kertoharjo Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara perkembangan kognitif dengan perilaku, maksudnya adalah jika perkembangan kognitif siswa itu tinggi maka perilaku siswa akan semakin baik pula. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan kognitif siswa dapat membawa dampak positif pada perilaku siswa .
09SK093421.00 | SK PAI13.934 SAN k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain