SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan Melalui Metode Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Bagi Peserta Didik Kelas V SD N Tulis 02 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurang berhasilnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan selama tiga tahun terakhir karena pembelajaran yang dilaksanakan berlangsung searah serta kurang bersemangatnya para peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Di samping itu juga, tingkat komplektisitas materi puasa ramadhan yang tinggi dan alokasi waktu yang lama menyebabkan kejenuhan para siswa. Kurangnya semangat belajar siswa tersebut berakibat pada penurunan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan di kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013 sebelum penerapan Metode Kooperatif Tipe Think-Pair-Share? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan di kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013 sesudah penerapan Metode Kooperatif Tipe Think-Pair-Share? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan melalui Metode Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013, (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013, (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasi, metode interviu dan metode dokumentasi menggunakan teknis analisis deskriptif komparatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tulis 02 Batang yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share dalam proses pembelajaran, ketrampilan kerja sama siswa dalam kelompok dan hasil belajar siswa dalam kelompok yang diambil dari lembar observasi guru, sedangkan data mengenai penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share diambil dari lembar interviu guru dengan responden yang merupakan mitra kolaborasi dalam kegiatan penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus termasuk dalam kategori kurang dengan presentase hasil belajar siswa 33 %. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40 % dari 33 % menjadi 73 %. Pada siklus I ini hasil belajar siswa termasuk dalam kategori aktif ketika penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share sebesar 73 %. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatn sebesar 27 % dari 73 % menjadi 100 %. Pada siklus II ini hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sangat aktif ketika penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share sebesar 80 %. Pada siklus III hasil belajar siswa 100 %. Pada siklus III ini hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sangat aktif ketika penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share sebesar 89 %. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut yang dialami pada taraf kesalahan 5 %. Dari hasil analisis data tersebut maka diambil kesimpulan bahwa penerapan metode kooperatif tipe think-pair-share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tentang Puasa Ramadhan di kelas V SD N Tulis 02 Batang tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan diatas disarankan metode kooperatif tipe think-pair-share dapat digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas. Di samping itu juga disarankan agar pembelajaran yang dilakukan menggunakan model dan metode yang bervariasi sesuai dengan situasi kelas.
09SK093021.00 | SK PAI13.930 MUJ p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain