SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Resitasi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Quran Hadis Siswa Kelas V Di MIS Pejarakan Paninggaran Tahun Pelajaran 2012/2013
Tugas dan peran guru sangatlah menentukan kualitas baik dan buruknya suatu pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah bagaimana cara menggunakan metode yang tepat dalam mengajar. Permasalahan yang terjadi di MIS Pejarakan adalah belum optimalnya nilai hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Quran Hadis yang disebabkan banyaknya materi pelajaran yang harus dicapai sedangkan alokasi waktu kurang seimbang, sehingga penyampaian materi kurang mendalam. Agar pelajaran selesai dengan alokasi waktu yang ditentukan dan hasil belajar siswa meningkat, maka diterapkanya metode resitasi untuk mengatasinya.
Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Quran Hadis di kelas V MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013?, bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Quran Hadis siswa kelas V di MIS Pejarakan Paninggaran?, dan apakah melalui metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar Quran Hadis siswa kelas V di MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode resitasi dalam pembelajaran Quran Hadits di kelas V MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013, untuk mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran Quran Hadis siswa kelas V di MIS Pejarakan Paninggaran, dan untuk mendeskripsikan penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar Quran Hadits siswa kelas V di MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Kegunaan teoritis skripsi adalah untuk memberikan kontribusi keilmuan dalam bidang pendidikan khususnya mengenai penggunaan metode resitasi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pendidikan peserta didik. Sedangkan kegunaan secara praktis bagi guru diharapkan melalui melalui metode resitasi dalam penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi dan memperoleh gambaran dalam mengambil strategi pembelajaran dan pemilihan metode yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam meningkatkan prestasi belajar Quran Hadits tentang khadis menyayangi anak yatim. Bagi siswa diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dan menambah pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal latihan dan hafalan hadis dan terjemahannya dengan menggunakan metode resitasi yang diberikan guru dan bagi sekolah diharapkan dapat meningkatkan proses belajar mengajar yang bermutu agar memperoleh prestasi belajar yang lebih baik lagi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat reflektif dan kolaboratif bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam sistem belajar mengajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan harian dan test. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang menggambarkan tindakan yang dilakukan dapat menimbulkan adanya perbaikan peningkatan atau perubahan ke taraf yang lebih baik jika dibandingkan dengan keadaan yang sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi metode resitasi mata pelajaran Quran Hadits kelas V di MIS Pejarakan Kecamatan Paninggaran mempunyai kategori baik, hal ini dibuktikan dari hasil belajar nilai yang meningkat pada setiap siklusnya dapat ditingkatkan dari rata-rata 74,04 pada siklus I, menjadi 81,78 pada siklus II, dan pada siklus III menjadi 83,86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima, artinya dengan menggunakan metode resitasi, dapat meningkatkan prestasi belajar Quran Hadis siswa kelas V di MIS Pejarakan Paninggaran Pekalongan.
09SK092821.00 | SK PAI13.928 WIN i C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain