SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Raudhotul Athfal Muslimat (RAM) Rowokembu Timur Wonopringgo
PAI sebagai usaha untuk menanamkan taqwa dan akhlak serta menegakkan
kebenaran sehingga terbentuk manusia yang berpribadi dan berbudi luhur sesuai
dengan ajaran Islam. Raudhatul Athfal dituntut dan diharapkan untuk terus
meningkatkan kualitas pendidikannya, ini juga sekaligus merupakan respon
terhadap pemberlakuan terhadap regulasi kependidikan seperti permendiknas No.
58 Tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini tentang
penyelenggaraan pendidikan formal yang berbentuk Raudhotul Athfal (RA). Oleh
karena itu pendidikan Raudhaktul Athfal bertugas mengarahkan ada ini agar
sasaran dari perubhan itu dapat tercapai sebagaimana yang diinginkan. Demikian
yang diterapkan di Raudhotul Athfal Muslimat (RAM) Rowokembu Timur
Wonopringgo, setelah masa reformasi sekarang, status ini pemerintah tidak
dirisaukan karena keberadaan Raudhotul Athfal Muslimat (RAM) ini tergantung
dari bagaimana caranya sebagai seorang guru dalam mengembangkannya data
pembelajaran PAI yang salah satunya dengan membenahi metode pembelajaran
PAI yang diterapkan dalam ada belajar mengajarnya. Oleh karena itu, diperlukan
pedoman pelaksanaan metode pembelajaran PAI pada tingkat Raudhatul Athfal.
Hal ini penting untuk memberikan gambaran tentang metode pembelajaran
Pendidikan Agama Islam yang menjadi acuan dan contoh kongrit dan juga untuk
mengamalkan pemahaman bagi pembina, kepala sekolah, serta pendidik tentang
apa yang diinginkan kurikulum, baik dalam penyusunan perencanaan dan
menyiapkan perangkat pendukung pembelajaran PAI, maupun melaksanakan
program sampai dengan menyusun dan melaksanakan evaluasi.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana metode pembelajaran PAI
di RAM Rowokembu Timur Wonopringgo. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
PAI di RAM Rowokembu Timur Wonopringgo. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pembelajaran PAI di RAM Rowokembu Timur Wonopringgo.
Untuk mengetahui metode pembelajaran PAI di RAM Rowokembu Timur
Wonopringgo. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, sebagai
wacana bagi para praktisi PAI khususnya pada anak usia dini. Secara praktis,
sebagai bahan masukan bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran
PAI yang efektif bagi anak usia dini.
Metode penelitian ini penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian di lapangan
yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinya gejala-gejala
yang diselidiki. Jenis pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati.
Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, metode
dokumentasi dan metode analisis data. Dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif, deduktif dan induktif.
Hasil penelitian ini adalah prosedur pelaksanaan metode pembelajaran PAI
memiliki tiga tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Dalam penerapan metode pembelajaran PAI di Raudhotul Athfal mempunyai beberapa kendala, antara lain : kecenderungan untuk mengambil tema dan dalam
menggunakan metode yang sangat monoton sehingga kurang bermanfaat bagi
peserta didik, seringkali guru terfokus pada kegiatan sehingga materi atau konsep
menjadi kebaikan. Memerlukan keseimbangan antara kegiatan, pengembangan
materi pelajaran dan penggunaan dari beberapa metode. Upaya guru dalam
mengkondisikan pembelajaran PAI yang sangat efektif dalam penerapan metode
pembelajaran PAI di raudhotul Athfal Muslimat (RAM), sebagai berikut :
memberikan kesempatan kepada pendidik untuk terus menggali informasi ilmu
pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan dan banyak media
yang perlu ditambahi, memberikan perhatian yang khusus kepada anak didik yang
hubungannya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik Raudhotul Athfal
Muslimat (RAM) berupa memberikan bimbingan dan arahan dalam
pengembangan PAI yang meliputi pendidikan aqidah, ibadah dan amal sholeh,
yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, berusaha menyediakan alat
peraga yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, memberikan
kewenangan kepada pendidik dalam mengembangkan materi, metode dan
penilaian, memfasilitasi adanya koordinasi dengan pendidik lain, bila materi
pembelajaran yang kurang dalam pemahaman yang berasal dari pendidik yang
berbeda.
09SK092621.00 | SK PAI13.926 CHO m C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain