SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Guru Dalam Mengembangkan Bakat Menggambar Dan Mewarnai (Studi Kasus di TK Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang)
Setiap anak terlahir dengan membawa bakat yang berbeda-beda. Bakat
dapat berasal dari keturunan dan juga berasal dari proses belajar. Bakat
merupakan kemampuan yang masih perlu pengembangan dan latihan lebih lanjut.
Guru sebagai pendidik sekaligus pembimbing mempunyai kewajiban untuk
menggali dan mengarahkan serta mengembangkan bakat anak didik agar tergali
dan tersalurkan. Untuk itu guru harus memiliki ide yang kreatif agar bakat anak
bisa terwujud.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana
perkembangan bakat siswa dalam menggambar dan mewarnai di TK Asy-Syifa
Karanggeneng Kandeman Batang?, bagaimana upaya guru dalam
mengembangkan bakat siswa dalam menggambar dan mewarnai di TK Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang?, apa faktor penghambat dan pendukung
dalam mengembangkan bakat siswa dalam menggambar dan mewarnai di TK
Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui perkembangan bakat siswa dalam menggambar dan mewarnai di TK
Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang, untuk mengetahui upaya guru
dalam mengembangkan bakat siswa dalam menggambar dan mewarnai di TK
Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang, dan untuk mengetahui faktor
penghambat dan pendukung dalam mengembangkan bakat siswa dalam
menggambar dan mewarnai di TK Asy-Syifa Karanggeneng Kandeman Batang.
Dan kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai tambahan ilmu pengetahuan
dalam bidang pendidikan terutama yang berkaitan dengan upaya guru dalam
mengembangkan bakat anak didiknya pada kegiatan menggambar dan mewarnai,
Sebagai pengetahuan bagi pembaca tentang upaya guru dalam mengembangkan
bakat menggambar dan mewarnai pada anak didik serta Sebagai bahan
pertimbangan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang berkaitan
dengan upaya guru dalam pengembangan bakat menggambar dan mewarnai.
Pendekatan yaang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapaangan (field
research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan
menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian dari skripsi ini menunjukkan perkembangan bakat siswa
dalam menggambar dan mewarnai dari hari ke hari berikutnya mengalami
peningkatan. Upaya yang dilakukan guru untuk mengembangkan bakat
menggambar dan mewarnai yaitu pada saat kegiatan menggambar dan mewarnai
guru menggunakan alat peraga sebagai alat bantu, guru membebaskan anak-anak
berkreasi sendiri dalam menggambar dan mewarnai, guru menggunakan metode
yang bervariasi didalam kegiatan menggambar dan mewarnai, guru membiasakan
menggambar dan mewarnai yaitu menggambar dilaksanakan satu atau dua kali
dalam satu tema dan mewarnai dilaksanakan hampir setiap hari dalam satu tema,
guru memberikan pujian kepada anak didik yang berprestasi atau yang memiliki
keunggulan, guru mengikutsertakan anak-anak dalam lomba menggambar dan
mewarnai, dan guru memberikan motivasi kepada anak-anak agar bakatnya lebih
berkembang dan lebih baik. Faktor penghambat dalam pengembangan bakat
menggambar dan mewarnai adalah anak susah belajar dan latihan, pendanan yang
minim (dana sekolah yang masih sedikit sehingga belum cukup untuk
mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang bakat anak), tidak adanya
pendidikan khusus untuk anak berbakat, dan kesadaran orang tua terhadap bakat
anak yang masih rendah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah anak yang rajin
belajar dan berlatih, minat (adanya minat dari diri sendiri terhadap menggambar
dan mewarnai), kepedulian orang tua terhadap bakat anak, dan adanya motivasi
(baik dari sekolah maupun luar sekolah).
09SK092521.00 | SK PAI13.925 AHY u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain