SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa Di SDN 04 Purwoharjo Comal
Pengaruh lingkungan atau faktor luar sangat berpengaruh terhadap perkembangan-perkembangan aspek-aspek psikologis sang anak, maka peran pendidikan sangatlah penting dalam proses pembentukan dari tingkah laku atau kepribadiannya tersebut. Dalam hal ini, pendidikan keluarga merupakan salah satu aspek penting, karena dilingkungan inilah pertama kalinya terbentuknya pola dari tingkah laku atau kepribadian seorang anak tersebut. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam sangatlah penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari adalah merupakan faktor-faktor yang baik di terapkan dalam memberkan bekal dalam hal pendidikan dasar dan pergaulan anak dari hal-hal yang negatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam di SDN 04 Purwoharjo Comal? Bagaimana perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal? Bagaimana korelasi Pembelajaran Agama Islam terhadap perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam, untuk mengetahui perilaku siswa, serta untuk mengetahui korelasi Pembelajaran Agama Islam terhadap perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal. Kegunaan penelitian secara praktis adalah memberikan motivasi dan pemahaman kepada guru dan orang tua di SDN 04 Purwoharjo Comal dalam mendidik dan mengarahkan anaknya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 04 Purwoharjo Comal yang terdiri dari kelas IV sebanyak 20 siswa, kelas V sebanyak 11 siswa dan kelas VI sebanyak 17 siswa. Jadi jumlah seluruh populasi penelitian sebanyak 48 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dengan rumus statistik korelasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran agama Islam di SDN 04 Purwoharjo Comal termasuk kategori baik. Perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal termasuk kategori cukup baik. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai rxy sebesar 0,454 dengan N = 48, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,41-0,70, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi positif yang cukup atau sedang. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5% dan 1%. Didapatkan kesimpulan yang sama yakni antara pembelajaran agama Islam terhadap perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal terdapat korelasi positif yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
09SK092421.00 | SK PAI13.924 KHA k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain