SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PAI Di TK Masyithoh 05 Banyuurip Alit Pekalongan Selatan
Usia kanak-kanak merupakan usia emas sehingga pembelajaran agama
sejak dini harus diupayakan semaksimal mungkin. Salah satunya yaitu dengan
pembiasaan yang diberikan kepada anak yang berkaitan dengan ibadah atau
agama ketika di dalam keluarga maupun di sekolah usia dini. Pembelajaran agama
Islam di sekolah bisa dilakukan dengan praktek ibadah yang dilakukan secara
rutin, misalnya praktek sholat yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Di TK
Masyithoh 05 Banyurip Alit, pelaksanaan pembelajaran agama Islam tersebut
sudah berlangsung.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana tujuan
pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05, bagaimana materi pembelajaran PAI di
TK Masyithoh 05, bagaimana metode pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05,
faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI
di TK Masyithoh 05. Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05, yang meliputi tujuan, materi dan metode
pembelajaran PAI serta untuk mengetahui faktor – faktor yang mendukung dan
menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05.
Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif yang menggambil tempat di
TK Masyithoh 05 Banyurip Alit Pekalongan Selatan. Sementara untuk teknik
pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara atau interview, observasi
dan dokumentasi. Sedangkan untuk jenis analisis data, penulis menggunakan
analisis data kualitatif, yaitu pemberian predikat kepada variabel yang diteliti
sesuai dengan kondisi sebenarnya. Untuk teknik analisis nya mengunakan analisis
kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha mendiskripsikan dengan
menginterprestasikan data yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang
sedang berlangsung atau kecenderungan yang sedang berkembang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan pembelajaran
PAI di TK Masyithoh 05 Banyurip Alit Pekalongan telah sesuai dengan tujuan
pembelajaran PAI, yaitu sejalan dengan pendapat Muhaimin, bahwa tujuan
pembelajaran PAI hendaknya mengarahkan peserta didik pada peningkatan
keimanan, pemahaman ajaran Islam dan pengamalannya. Materi pembelajaran
PAI TK Masyithoh 05 Banyurip Alit Pekalongan sesuai dengan isi kurikulum
pendidikan anak usia dini dan pemikiran Zakiyah Daradjat bahwa materi
pembelajaran agama Islam harus mencakup hubungan manusia dengan Allah,
hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam
sekitarnya. Metode pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05 Banyurip Alit
Pekalongan adalah metode demonstrasi, tanya jawab, bermain, karyawisata dan
cerita. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI di TK Masyithoh
05 Banyurip Alit Pekalongan adalah pelaksanaan administrasi pendidikan dan pembelajaran yang telah tertata dengan baik; kualitas guru; kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang cukup; dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor
penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI di TK Masyithoh 05 Banyurip Alit
Pekalongan adalah kurangnya tindak lanjut dari sebagian orang tua di rumah.
Berdasarkan hasil tersebut, hendaknya orang tua siswa lebih memperhatikan
perkembangan anak dalam ilmu agama, khususnya ilmu agama yang diajarkan di
TK.
09SK091621.00 | SK PAI13.916 AHS a C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain