SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Biografi Oleh Tjahja Gunawan Diredja
Berpikir tentang pendidikan, berarti berpikir tentang masa depan dalam menghadapi tantangan yang semakin berat dan berkembang. Hal itu ditopang dari pendidikan, melalui pengetahuan dan pengalaman dalam mendapatkan pendidikan yang mampu membantu, mengarahkan dan menentukan arah kehidupan yang diinginkan sesuai aturan dan norma yang tetap dan konsisten tanpa mengubah jati diri dan nilai moral. Pendidikan adalah elemen penting dalam membangun bangsa. karena melalui pendidikan, dasar karakter manusia di mulai. pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting untuk membangun dan mempertahakan jati diri bangsa. Sayangnya, pendidikan karakter di Indonesia perlu diberi perhatian lebih khusus, karena selama ini baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai- nilai. Pendidikan karakter yang dilakukan belum sampai pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari- hari. Pendidikan di Indonesia saat ini cenderung lebih mengedepankan penguasaan aspek keilmuwan dan kecerdasan, namun mengabaikan pendidikan karakter.sebagian orang mulai tidak memperhatikan lagi bahwa pendidikan tersebut berdampak pada perilaku seseorang. Padahal pendidikan tersebut diharapkan mampu melahirkan generasi yang berkarakter kuat. Karena manusia sesungguhnya dapat di didik dan harus sejak dini. Hal tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama dan semua yang terlibat dalam dunia pendidikan Indonesia harus mampu memberikan suri tauladan yang bisa menjadi panutan generasi muda.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana cakupan buku dan bagaimana nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku . Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan isi buku , dan untuk mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku . Adapun kegunaan hasil penelitian ini adalah sebagai bahan pengetahuan tentang pendidikan karakter dan sebagai salah satu bahan kajian penelitian tentang konsep pendidikan karakter dalam sebuah buku biografi. Serta dapat digunakan sebagai tambahan untuk memperluas cakrawala yang lebih mendalam sebagai modal pengetahuan penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya mengenai pendidikan karakter.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode analisa data menggunakan content analysis atau metode kajian isi.
09SK091521.00 | SK PAI13.915 NAR n C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain