Skripsi
TIDAK TERSAJI: Efektifitas Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di TK Muslimat NU Gondang Wonopringgo
Realita yang berkembang banyak orang tua dan guru berlomba dengan
waktu untuk memberikan pengalaman belajar melalui . Hampir keseluruhan waktu belajar anak dilakukan
melalui . Guru mengajar dengan menjelaskan anak belajar
melalui mendengar dan mengerjakan tugas yang didominasi lembar atau buku
kerja anak. Anak menulis angka dan huruf atau kata tanpa membangun konteks
belajar lebih dahulu. Dalam situasi ini, aspek kognitif atau intelektual memperoleh
stimulasi terbesar, sedang aspek lainnya, seperti emosi sosial, dan seni hampir
terabaikan. Keberadaan alat permainan edukatif di tengah keluarga maupun di
lembaga pendidikan anak usia dini, sangat berperan penting dalam merangsang
daya pikir anak. Sehingga aspek psikomotorik dan afektif secara bertahap akan
muncul diri anak, dan pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat konsentrasi
anak dan dapat memecahkan masalah pada diri anak.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : Bagaimana
efektifitas penggunaan alat permainan edukatif (APE) di TK Muslimat NU
Gondang Wonopringgo ?
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penggunaan Alat Permainan
Edukatif di TK Muslimat NU Gondang Wonopringgo. Untuk mengetahui
efektifitas penggunaan Alat Permainan Edukatif di TK Muslimat NU Gondang
Wonopringgo.
Kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah : Hasil penelitian ini dapat
dijadikan wahana informasi bagi para pendidik untuk mengetahui keefektifitasan
penggunaan Alat Permainan Edukatif di TK. Adapun secara praktis : Hasil
penelitian dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam upaya peningkatan
pemahaman tentang penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE).
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan ( field resceach ).
Penelitian lapangan merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk
memecahkan masalah-masalah praktis dalam masyarakat. Sedangkan pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Disamping itu, data hasil
pengamatan yang diperoleh nantinya akan penyusun sajikan dalam bentuk kata
yang terjadi dari hasil pengamatan, bukan dari proses penghitungan angka-angka.
Dari penelitian yang dilakukan penulis bahwasanya sejumlah alat
permainan edukatif yang dimiliki TK Muslimat NU Gondang Wonopringgo
seperti ragam balok, puzzle geometri, prosotan, titian tangga dan lainnya
difungsikan secara rutin dan maksimal peserta didik di berbagai area permainan
guna mengembangkan ranah psikomotorik, pengetahuan, dan bahasa. Alat
permainan tersebut di samping berfungsi sebagai media pembelajaran, digunakan
pula sebagai sarana bermain peserta didik pada waktu jeda kegiatan
pembelajaran. Penggunaan alat permainan edukatif di TK Muslimat NU Gondang
sangat efektif dan berpengaruh besar terhadap daya rangsang dan kreatifitas
peserta didik. Suasana proses pembelajaran terasa lebih hidup seiring dengan
kesungguhan dan perhatian peserta didik terhadap materi-materi yang
disampaikan guru ketika menggunakan alat permainan. Penggunaan alat
permainan edukatif sebagai media dalam proses kegiatan pembelajaran dapat
mengembangkan fungsi intelegensi, emosi dan spiritual peserta didik, sehingga
pada diri mereka muncul kecerdasan yang melejit.
09SK090821.00 | SK PAI13.908 ROH e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain