SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan Pendidikan Aqidah Akhlak Di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan (Tinjauan, Tujuan, Materi, Metode dan Evaluasi)
Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka pembentukan kepribadian yang mulia dari afektif, kognitif dan psikomotorik. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan usaha yang berupa bimbingan atau arahan terhadap anak didik kelak yang dijadikan sebagai pandangan hidup. Sehingga pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia, karena pendidikan berpengaruh langsung terhadap perkembangan manusia dan juga perkembangan seluruh aspek kepribadian manusia.
Dalam penelitian ini dipaparkan beberapa permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan dan bagaimana materi, metode dan evaluasinya di MII Karangsari. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari. Untuk mengetahui materi, metode dan evaluasi pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari. Sedangkan kegunaan penelitian skripsi ini adalah secara teoritis: Sumbangan pemikiran kepada pihak-pihak yang akan melakukan penelaahan terhadap pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari, menambah pengetahuan dan pengalaman dalam pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari Karanganyar dan memberikan masukan dalam pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak bagi guru aqidah akhlak di MII Karangsari Karanganyar. Secara praktis: bagi para orang tua serta para pendidik bisa mengambil manfaat dari penelitian pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari Karanganyar dan sebagai upaya meningkatkan kualitas ajaran aqidah akhlak pada anak yang selama ini kurang begitu diperhatikan oleh orang tua.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan, dengan lokasi penelitian di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Di samping itu juga menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, metode interview, serta metode dokumentasi. Kemudian mengolah data yang didapatkan dengan analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian bahwa pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak di MII Karangsari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan berdasarkan penelitian di kelas empat dan lima dalam kegiatan sehari-harinya menggunakan pedoman standar isi MI. Adapun materi, metode dan evaluasinya yang sudah dilaksanakan guru aqidah akhlak di MII Karangsari sudah sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di MII Karangsari tersebut.
09SK090721.00 | SK PAI13.907 MUK p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain