SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Pada Pokok Bahasan Makanan Dan Minuman Melalui Model Pembelajaran Learning Together Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan
Skripsi ini membahas pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) pada mata pelajaran fikih pokok bahasan makanan dan minuman pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar pada semester satu menunjukan masih ada siswa yang belum tuntas kriteria ketuntasan minimal (KKM), untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya strategi atau pembelajaran, yaitu cara yang digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
PTK ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih tentang pokok bahasan makanan dan minuman pada siswa kelas V semester 2 SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013? (2) Bagaimana penerapan model learning together pada pembelajaran fiqih siswa kelas V SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan? (3) Apakah model learning together dapat meningkatan pembelajaran fikih pokok bahasan makanan dan minuman pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Datanya diperoleh dengan cara Tes, observasi, wawancara dan diskusi. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran fikih pokok bahasan makanan dan minuman pada siswa kelas V semester 2 SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013 sudah ada peningkatan. (2) Penerapan model pembelajaran learning together pada siswa kelas V semester 2 SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013 sudah berjalan dengan sangat baik dengan meningkatnya rata-rata siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya, pada prasiklus nilai rata-rata siswa 65,70 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71,84, siklus II rata-rata siswa 75,73 dan yang terakhir siklus III menjadi 83,76. (3) Model pembelajaran learning together dapat meningkatkan pembelajaran fikih pokok bahasan makanan dan minuman pada siswa kelas V semester 2 SD Muhammadiyah 02 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan Tahun Pelajaran 2012 /
2013, hal ini dapat dilihat mulai dari siklus I menunjukan peningkatan rata-rata nilai ulangan menjadi 71,84 dengan jumlah siswa tuntas KKM ada 20 siswa (54,05 %) dan yang belum tuntas ada 17 siswa (45,95 %). Sedangkan siklus II menunjukan peningkatan nilai rata-rata ulangan menjadi 75,73 dengan jumlah siswa yang tuntas KKM ada 28 siswa (75,67 %) dan yang belum tuntas ada 9 siswa (24,32 %). Dan yang terakhir adanya peningkatan pada siklus III rata-rata nilai ulangan menjadi 83,76 dengan jumlah siswa yang tuntas KKM ada 37 siswa (100 %).
09SK090521.00 | SK PAI13.905 BUR u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain