SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Peningkatan Ketrampilan Baca Tulis Al-Quran Melalui Teknik Skema Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas III SD N 02 Limbangan Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Belajar Baca Tulis Al-Quran adalah hal paling penting dalam belajar Al-Quran, karena memberi pendidikan Al-Quran pada anak termasuk bagian dari menjunjung tinggi supermasi nilai-nilai spriritualisme Islam. Pada usia dini masih
banyak anak yang belum mengenal huruf dan membaca kata atau kalimat al-quran karena keadaan mereka yang berbeda menjadikan mereka belum bisa membaca.
Rumusan masalah pada penelitian tindakan ini adalah: Bagaimana ketrampilan
Baca Tulis al-quran siswa kelas III SD N 02 Limbangan Ulujami Pemalang?
Bagaimana penerapan Teknik skema Pada mata pelajaran PAI kelas III SD N 02
Ulujami Pemalang? Apakah penerapan teknik skema dapat meningkatkan
ketrampilan Baca Tulis Al-Quran di kelas III SD N 02 Limbanagan Ulujami
Pemalang tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian adalah Untuk
mengetahui ketrampilan Baca tulis Al-quran dikelas III, Untuk mengetahui
penerapan teknik skema pada pelajaran PAI SD N 02 Limbanagan, Untuk
mengetahui peningkatan ketrampilan Baca Tulis Al-quran di kelas III SD N 02
Limbangan Ulujami Pemalang melalui penerapan teknik skema. Kegunaan
penelitian secara teoritis adalah sebagai peningkatan pembelajaran dan diharapkan
dapat bermanfaat bagi pengembangan teknik pembelajaran khususnya untuk
peningkatan ketrampilan baca tulis al-qur’an pada mata pelajaran PAI. Secara
praktis bagi siswa menambah pengetahuan bidang pendidikan Pendidikan Agama
Islam dan pengatahuan tentang cara membaca dan menulis Al-quran, dan bagi
guru lebih mudah dan praktis dalam memberikan materi karena siswa tertarik dan
aktif untuk selalu melanjutkan ketrampilan baca tulis al-quran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD N 02 Limbangan Ulujami Pemalang. Adapun yang
menjadi sumber data primer dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang
berupa nilai tes yang telah dikerjakan siswa. Sedangkan sumber data sekunder
adalah dokumen-dokumen dan hasil observasi yang dilakukan oleh teman sejawat
(kolaborator). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik tes, Non Tes meliputi observasi dan dokumentasi.
Hasil menunjukkan bahwa setelah melakukan penelitian ini adalah:
Ketrampilan siswa dalam baca tulis Al-Quran sebelum adanya tindakan
hasilnyabelum optimal, hal ini terlihat pada hasil tes awal sebelum diadakan
tindakan dari 35 siswa, siswa yang tuntas sejumlah 15 anak atau 42,85%
sedangkan yang belum tuntas sejumlah 20 siswa atau 57,14%, Penerapan
teknikskema dapat digunakan pada pelajaran baca tulis Al-Quran. Hal ini dapat
dilihat dari tingkat keaktifan siswa pada siklus I mencapai rata-rata 62,57.
sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 68,28. Dan pada siklus III mencapai
rata-rata81,42.
08SK089821.00 | SK PAI13.898 AMI u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain