SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Keagamaan (Studi Kasus di Pendidikan Al-Quran Al-Karomah Tirto Pekalongan)
Pendidikan nilai keagamaan dapat diterapkan di lembaga pendidikan baik
formal ataupun non formal. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang berusaha
untuk memberikan pendidikan keagamaan dalam upaya menerapkan nilai
kegamaan kepada siswa-siswanya adalah Taman Pendidikan Al-Quran. Taman
pendidikan Al-Quran merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai
tujuan menciptakan generasi muda yang sholih dan sholihah, yang bertaqwa kepada
Allah SWT, serta berakhlakul karimah. Selain memberikan pengajaran tentang cara
membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid juga menerapkan nilai keagamaan
kepada para siswanya. Akan tetapi mayoritas pembelajaran di TPQ belum
maksimal dalam memberikan materi nilai keagamaan, hanya menjadi materi
tambahan. Di PA Al-Karomah selain memberikan pembelajaran tata cara membaca
Al-Quran sesuai dengan Makhraj juga menerapkan nilai-nilai keagamaan dengan
adanya materi diniyah pada tiap jenjangnya. Oleh karena seorang guru dituntut
untuk mampu memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka untuk mengetahui upaya guru
dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan, ada beberapa permasalahan yang harus
dikaji, yaitu: Nilai Keagamaan apa saja yang ada di PA Al-Karomah, Bagaimana
metode yang digunakan dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan di PA Al-Karomah dan bagaimana upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan di
PA Al-Karomah Tirto Pekalongan.dari beberapa masalah tersebut, penulis
mempunyai tujuan dalam penelitian yang ingin dicapai yaitu: Untuk mengetahui
nilai-nilai keagamaan apa saja yang diterapkan di pendidikan Al-Quran Al-Karomah Tirto Pekalongan, untuk mengetahui metode-metode dalam menerapkan
nilai-nilai keagamaan di pendidikan Al-Quran Al-Karomah Tirto Pekalongan dan
untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan di
pendidikan Al-Quran Al-Karomah Tirto Pekalongan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis
penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field research). Sedangkan teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan studi dokumentasi.
Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif dan induktif.
Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data dari PA Al-Karomah, penulis mendapat hasil penelitian, bahwa upaya guru dalam menerapkan
nilai-nilai keagamaan di PA Al-Karomah pada jenjang Marhalatul Ula yaitu dengan
pengenalan nilai Ketauhidan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Pengenalan nilai-nilai
tersebut masih dalam taraf yang dasar karena menyesuaikan usia siswa pada
jenjang marhalatu ula. Metode yang diterapkan berfariasi sesuai dengan situasi dan
kondisi kegiatan belajar mengajar dan juga materi pembelajaran.
08SK089621.00 | SK PAI13.896 KHO u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain