SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Hati Batang
Dewasa ini banyak pihak menuntut peningkatan intensitas dan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan formal. Tuntutan tersebut didasarkan pada fenomena sosial yang berkembang, yakni meningkatnya kenakalan remaja dalam masyarakat, seperti perkelahian massal dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Bahkan di kota-kota besar tertentu, gejala tersebut telah sampai pada taraf yang sangat meresahkan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter.
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang?, Bagaimana metode pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang?, Apa saja faktor-faktor pendukung & penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mendiskripsikan implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang. Untuk mendiskripsikan metode pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang?, Untuk mendiskripsikan faktor-faktor pendukung & penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Dan diharapkan bisa menjadi pedoman dalam pelaksanaan pendidikan karakter khususnya di TKIT Permata Hati Batang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter di TKIT Permata Hati adalah sudah cukup baik, yang meliputi Aqidah yang bersih (salimul aqidah), Ibadah yang benar (shahihul ibadah), Pribadi yang matang (matinul khuluq), Mandiri (Qadirun alal kasbi), Cerdas dan berpengetahuan (mutsaqqaful fikri), Sehat dan kuat (qowiyul jismi), Bersungguh-sungguh dan disiplin (mujahidun linafsihi), Tertib dan cermat (munazhzhom fi syuunihi), Efisien (harisun ala waqtihi), Bermanfaat (nafiun lighoirihi). Metode pendidikan karakter di TKIT Permata Hati Batang meliputi metode bercerita, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, metode bernyanyi, metode bercakap-cakap, metode pemberian hadiah dan hukuman, metode pembiasaan, metode
keteladanan. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati meliputi:Guru yang kreatif dan inovatif dalam mengajar sehingga dapat mengurangi kejenuhan anak, Kegiatan yang variatif dan menyenangkan sehingga anak senang, Pembelajaran yang tidak terpaku pada teks tetapi menghubungkanya dengan kondisi dan situasi yang sesungguhnya, Anak-anak bermain sambil belajar sehingga mereka tidak bosan. Pemberian hadiah dan hukuman pada anak sehingga mereka dapat membedakan perbuatan yang benar dan yang salah, Pemberian keteladanan dari para guru dan karyawan di TKIT Permata Hati dalam segala hal. Buku-buku yang digunakan guru sebagai referensi dalam mengajar sangat bagus dan menarik. Sedangkan Faktor Penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di TKIT Permata Hati meliputi: Kondisi siswa yang memiliki latar belakang lingkungan tempat tinggal yang beraneka ragam, Jumlah siswa terlalu banyak dalam tiap kelas, Ruang kelas yang kurang nyaman, Konsentrasi siswa yang belum optimal, Pendekatan dan pemantauan guru terhadap siswa yang kurang maksimal pada waktu jam istirahat, Koordinasi, komunikasi dan persiapan baik dari kepala sekolah, guru ataupun karyawan yang kurang mengakibatkan kegiatan pembelajaran belum optimal, Kurangnya dukungan orang tua siswa dalam program sekolah yang berupa kegiatan pembinaan walimurid sebagai salah satu upaya untuk bekerjasama agar tujuan pendidikan tercapai dengan baik.
08SK089421.00 | SK PAI13.894 KHA i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain