SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Meningkatkan Kesalehan Sosial Siswa SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan
Indonesia sekarang ini sedang mengalami kemerosotan akhlak, hal itu terlihat dengan adanya kerusakan moral yang sering terjadi disana-sini. Untuk itu, kualitas pendidikan di Indonesia perlu adanya peningkatan baik dari segi intelektual-nya, emosional-nya maupun segi spiritual-nya. Sadar akan hakikatnya, setiap manusia di muka bumi ini selalu berbuat untuk hal yang lebih baik. Untuk mengubah prilaku menuju ke hal yang lebih baik itu tidaklah mudah yang kita bayangkan. Perubahan itu melalui perjalanan yang panjang, berjenjang, dan berkesinambungan. Satu-satunya jalur yang dapat ditempuh yakni dengan pendidikan. Salah satunya dengan kegiatan keagamaan salah satunya seperti pembacaan Asmaul Husna, yang bisa menjadi terapi atau proses pelatihan bagi peserta didik dalam mendekatkan diri kepada Allah. Kegiatan keagamaan diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam peserta didik, disamping untuk membentuk kesalehan pribadi, juga sekaligus untuk membentuk kesalehan sosial.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah tentang Implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam meningkatkan kesalehan sosial siswa SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan, serta faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam meningkatkan kesalehan sosial siswa SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah Untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Pembacaan Asmaul Husna dalam meningkatkan kesalehan sosial Siswa SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan, Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam meningkatkan kesalehan sosial siswa SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah Memberikan sumbangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesalehan sosial siswa dan Sebagai bahan masukan bagi siswa agar selalu menerapkan sikap kesalehan sosial dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas terutama dalam segi emosional maupun spiritual, serta masukan bagi para pendidik dalam usaha pembentukan kesalehan sosial siswa baik di sekolah maupun diluar sekolah.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik yang digunakan adalah analisis data yang menggunakan sumber primer dan sekunder, dengan metode observasi, interview, dokumentasi, dan teknis analisis data ini menggunakan teknik analisis interaktif yaitu sebuah teknis analisis yang meliputi proses siklus dan interaktif kegiatan reduksi data, penyajian
dan penarikan kesimpulan dengan kegiatan pengumpulan data maksud dalam analisis interaktif ini adalah data mentah yang diperoleh lapangan yaitu di SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan dipilih berkenaan dengan masalah pembacaan Asmaul Husna dalam meningkatkan kesalehan sosial siswa di sekolah tersebut kemudian data yang telah direduksi ini disajikan dalam laporan secara sistematik sehingga dimudahkan untuk dibaca dan memungkinkan adanya penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemabacaan Asmaul Husna ini sudah dilaksanakan sebagai kegiatan keagamaan yang dapat mendekatkan diri siswa kepada Allah dan untuk memberikan stimulus rohani kedalam diri siswa yang mana dapat terealisasikan dalam bentuk perilakunya. Sehingga kegiatan keagamaan ini menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kesalehan sosial siswa di SMK Maarif NU Tirto Kabupaten Pekalongan, dengan mengimplementasikannya setiap pagi bersama-sama di halaman sekolah sebelum proses belajar mengajar.
08SK089321.00 | SK PAI13.893 ALI i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain