SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Tayangan On The Spot Terhadap Kegiatan Belajar Anak Kelas VIII SMPN 15 Pekalongan
Media televisi mempunyai daya tarik yang lebih tinggi sebagai media elektronik, dibandingkan dengan radio yang sifatnya auditif (hanya dapat didengar) sedangkan televisi memiliki unsure visual atau gambar bergerak (moving picture) sehingga segalanya seolah-olah terlihat dan audiens merasa seperti ikut didalamnya. Pada perkembangannya televisi selain memberikan informasi juga menayangkan acara-acara hiburan yang pada umumnya dapat mempengaruhi sikap, pandangan, persepsi dan perasaan bagi yang menontonnya.Dalam penelitian ini peneliti mengambil subjek anak kelas VIII di SMPN 15 Pekalongan karena pada usia-usia tersebut pola pikir mereka masih labil, dimana mereka lebih cenderung bermain dan menikmati masa-masa pubertas. Sehingga minat belajar mereka berkurang dan lebih asyik untuk menonton televisi, terlebih tayangan yang menarik perhatian ditayangkan ketika jam-jam belajar. Salah satu tayangan tersebut adalah On The Spot yang ditayangkan dari jam 19.15 sampai jam 20.00 WIB. Tayangan On The Spot ini menghadirkan berbagai informasi-informasi yang cukup menarik perhatian. Meski On The Spot tidak selalu menghadirkan hal-hal yang berkaitan dengan anak-anak usia smp, namun On The Spot seringkali memberikan tayangan-tayangan yang menarik untuk ditonton.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan tiga rumusan masalah, antara lain : a) Apakah isi dari tayangan On The Spot? b)Bagaimana kegiatan belajar di rumah anak kelas VIII SMP Negeri 15 Pekalongan? c) Bagaimana pengaruh tayangan On The Spot terhadap kegiatan belajar di rumah anak kelas VIII SMP Negeri 15 Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini ada dua macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi, sedang metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data menggunakan analisis rumus < product moment >.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dengan tingkatan cukup atau sedang antara tayangan On The Spot terhadap kegiatan belajar anak SMP Negeri 15 Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi diperoleh hasil nilai ttes = 3 yang berada dalam kategori cukup atau sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan juga bahwa ttest > t tabel pada taraf signifikan 5 % = 2,060 dan 1 % = 2,787.
08SK088221.00 | SK PAI13.882 SUS p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain