SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI :Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul Ulum Pekajangan Pekalongan)
Latar belakang penelitian ini mengenai Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan kepada pemerintah agar mengusahakan dan menyelenggarakan pendidikan nasional yang mengutamakan aspek keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlakul karimah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan di Indonesia masih mencari sebuah sistem pendidikan yang dapat bergerak terus sesuai dengan perkembangan jaman secar dinamis serta dapat mempertahankan kebudayaan asli Indonesia. Model pendidikan semacam ini diantaranya trdapat pada sistem pendidikan yang dikembangkan oleh pondok pesantren. Mengacu hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik sistem pendidikan pondok pesantren, bagaimana pelaksanaan sistem pendidikan pondok pesantren, dan bagaimana upaya-upaya modernisasi pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftakhul Ulum Pekajangan secara kelembagaan, pendidikan dan fasilitas-fasilitas yang ada dapat dikatakan sebagai Pondok Pesantren Modern, karena hasil penelitian riil di lapangan sudah sesuai dengan teori-teori tentang Pondok Pesantren modern.
08SK088201.00 | SK 2X7.341 SUM t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain