SKRIPSI PAI
Konsep Sekolah Standar Nasional dan Peranannya terhadap Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di SMP N 3 Batang
Pendidikan merupakan jasa yang perlu memiliki standarisasi penilaian terhadap mutu. Dalam sistem pendidikan, konsentrasi terhadap kualitas bukan semata-mata tanggung jawab sekolah dan pemerintah, tetapi juga masyarakat. Dalam undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional mengamanatkan agar kita memiliki standar nasional pendidikan, mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana prasaranan, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Program ini diharapkan menjadi contoh sekolah lain sejenis untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang menyenangkan, bermutu dan mencerdaskan. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan dalam penelitian ini meliputi bagaimana konsep sekolah standar nasional di SMP N 3 Batang, serta bagaimana peran konsep sekolah standar nasional terhadap peningkatan mutu lembaga pendidikan di SMP N 3 Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsep sekolah standar nasional dan mutu pendidikan dapat dilaksanakan dan diterapkan dengan baik di SMP N 3 Batang berdasarkan pedoman sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 35 serta Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005.
08SK088151.00 | SK 371.27 NIS k C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain