SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI :Konsep Pendidikan Akhlak Anak Menurut Umar Ibnu Ahmad Baradja Dalam Kitab Al Akhlak Li AL Banin
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai fenomena banyaknya konflik kekerasan yang sekarang marak terjadi. Juga adanya penguasa yang seharusnya menjadi pelayan masyarakat berubah menjadi pemeras masyarakat. Sedangkan di kalangan remaja isu-isu moral seperti penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, tawuran remaja, pornografi, perkosaan, merusak milik orang lain, perampokan , pengguguran kandungan dan sebagainya. Rendahnya akhlak di dalam masyarakat, generasi muda dan para pejabat akan membawa kehancuran bangsa. Untuk menyelamatkan bangsa dari kehancuran, salah satu caranya adalah membiasakan anak dengan akhlak yang baik sejak kecil agar tercipta generasi penerus yang mempunyai kepribadian sempurna dan dapat menghadapi tantangan jaman. Kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana tujuan metode, materi, pendidikan akhlak menurut Umar Ibnu Ahmad Baradja dalam pendidikan Islam. Penelitain ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengarah pada kesejarahan dan pendekatan teoritis dan dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kepribadian utama anak didik dengan memiliki akhlak mulia, bertabiat terpuji, dan berbudi luhur, hubungan dengan Tuhan sesama dan lingkungan mempunyai ilmu pengetahuan yang berguna bagi diri sendiri, bangsa dan agama. Kebiasaan yang merupakan pengalaman bagi anak sejak kecil akan menjadi unsur penting dalam pribadinya dan mempunyai pengaruh ysng akan mempengaruhi kepribadiannya. Sedangkan materi pendidikan akhlak menurut Umar Ibn Ahmad Baradja itu merupakan kesesuaian yang tepat dengan pendidikan Islam.
08SK088143.00 | SK 2X5.1 SHA t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain