SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI.;.Psikodrama sebagai Metode Pembinaan Mental Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam
Dalam pendidikan dikenalm metode psikodrama yang merupakan slah satu alat dalam membina mental anak-anak melalui sebuah permainan. Melalui psikodrama, mereka dapat mengungkapkan pertentangan batin, kecemasan dan ketakutan serta kesukaran-kesukaran yang mereka hadapi. Pembinaan mental anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dan guru berpengaruh pada watak dan perilaku dalam kehidupannya. Sehingga orang tua dan guru harus memberikan tauladan dan perhatian bagi anak-anaknya agar tumbuh menjadi generasi yang bijak dan sholeh sesuai dengan nilai-bilai ajaran Islam. Bertitik tolak dari hal tersebut, kajian masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana aplikasi psikodrama sebagai metode pembinaan mental anak dalam perspektif pendidika Islam, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat metode psikodrama dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikodrama adalah suatu metode diagnostik dan penanganan bagi masalah-masalah kepribadian seorang anak yang disebabkan oleh adanya ketegangan-ketegangan emosi yang menjadikan siswa tidak reseptif untuk mempelajari sesuatu yang baru. Pembinaan mental anak dapat diwujudkan melalui proses pendidikan yang diawali oleh orang tua, lingkungan sekitar dan disempurnakan dalam lingkungan sekolah. Pendidikan Islam sebagai upaya membangun fitrah manusia dalam mencapai hidup makmur dan bahagia sesuai dengan ajaran dan norma Islam menerapkan metode dan pendekatan yang bersifat teoritis dan praktis ke arah perbaikan sikap mental yang memadukan antara iman sekaligus amal sholeh.
08SK088136.00 | SK 2X7.301 5 KHI t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain