SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI:Konsep Suri Tauladan : Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madya Magun Karso dan Tut Wuri Handayani Ki Hajar Dewantoro Dalam Pendidikan Islam
Pendidikan adalah berbagai usaha yang dilakukan pendidik terhadap peserta didik agar tercapai perkembangan yang positif. Dalam pendidikan terdapat tugas yang diemban yaitu mewariskan nilai-nilai luhur agama dan budaya kepada peserta didik dalam upaya membentuk kepribadian intelek dan bertanggung jawab dengan cara mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. Untuk melaksanakan kedua upaya tersebut, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memberikan suri tauladan dalam perkataan maupun perbuatan. Tetapi tidak semua pendidik menjadikan dirinya tauladan. Maka seharusnya pendidik berpedoman pada ajaran Ki hajar Dewantoro dalam sistem Amongnya yaitu Ing Ngarso sung tulodho, Ing MAdya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang dikaji meliputi bagaimana latar belakang munculnya konsep Ki Hajar Dewantoro, bagaimana aplikasi dan relevansi konsep Ki Hajar Dewantoro dan bagaimana konsep Ki Hajar Dewantoro dalam Pendidikan Islam untuk proses pembelajaran sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep suri tauladan Ki hajar Dewantoro tersebut relevan dengan pendidikan Islam karena sesuai dengan firman Allah dan Sabda Rasulullah SAW dan dalam Kitab Adab Al Alim wa al Mutaalim karya KH. Hasyim ASyari dan Kitab Talim Mutaallim Karya Syaikh Az Zarnuji tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pendidik. Pembelajaran yang berdasarkan konsep ini berarti pendidikan yang berorientasi pada peserta didik yaitu pendidikan yang berdasarkan pada minat dan potensi yang perlu dikembangkan pada peserta didik. Pendidik berperan sebagai pengajar dan juga pembimbing, motivator, figur tauladan atau contoh, fasilitator dan mediator.
08SK088095.00 | SK 2X7.31 KHO t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain