SKRIPSI PAI
Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Komparasi Kurikulum PAI 1994 .:TIDAK TERSAJI
Setiap pendidikan pasti memliki tujuan yang ingin dicapai. Salah satu sarana untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan adanya kurikulum. Kurikulum mempunyai kedudukan yang sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum pendidikan di Indonesia dalam perkembangannya telah mengalami beberapa pembaharuan dan perbedaan meulai dari kurikulum 1975, 1984.1994 dan kurikulum 2004 yang disebut Kurikulum berbasis kompetensi, serta kurikulum yang sekarang sedang diberlakukan yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mengacu hal tersebut rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana materi kurikulum PAI kelas VI SD pada kurikulum 1994, bagaimana materi kurikulum PAI kelas VI SD pada kurikulum 2004 dan bagaimana kelebihan dan kelemahan kurikulum PAI kelas VI SD antara kurikulum 1994 dengan kurikulum 2004. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perubahan dan pembaharuan kurikulum merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kemajuan perkembangan pendidikan. Perkembangan kurikulum PAI dewasa ini menuju kearah yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kemajuan IPTEK. Setelah dikomparasikan antara kurikulum PAI kelas VI SD tahun 1994 dengan kurikulum PAI kelas VI SD tahun 2004 terdapat perbedaan yang cukup besar. PAda kurikulum 1994 proses belajar mengajar cenderung teacher centered dimana guru berperan lebih dominan yang menentukan segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas dan siswa dijadikan sebagai objek belajar yang cenderung pasif sehingga pembelajaran yang terjadi hanyalah transfer of knowledge. Sedangkan pada kurikulum 2004 proses belajar mengajar bersifat student centered yaitu pembelajaran yang terpusat pada siswa. dimana siswa terlibat aktif di dalam kelas dan peran guru hanya sebagai fasilitator dan motivator. Jadi pada kurikulum 2004 ini siswa sebagai subjek dan pembelajaran lebih terfokus pada pencapaian kemampuan (kompetensi) siswa.
08SK088089.00 | SK 372.19 FAD p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain