SKRIPSI PAI
Optimalisasi Profesi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam:TIDAK TERSAJI
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya orang yang membicarakan mengenai profesi guru. Guru merupakan profesi yaitu pekerjaan yang menuntu keahlian, artinya pekerjaan sebagai guru tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak berlatih dan tidak disiapkan. Guru dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan profesi yang cukup tinggi agar tugas dan tanggung jawab dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep profesionalitas guru, bagaimanakah potret pembelajaran Pendidikan Agama ISlam dan bagaimana langkah-langkah optimalisasi profesi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pertama, tugas guru adalah sebagai pendidik dan sustu profesi yang dituntut untuk mengembangkan keprofesionalnya sesuai dengan perkembagan ilmu dan teknologi. Mendidik, mengajar dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai suatu profesi. Kedua, Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah sangat bervariasi, mulai dari hasil pembelajaran yang kurang berkualitas hingga sangat bermut. Tetapi dari Fenomena masyarakat memperlihatkan bahwa secara umum hasil pembelajaran PAI belum memuaskan banyak pihak dan bahkan dinilai gagal. Pendidikan PAI dinilai masih berkesan berorientasi pada pengajaran agama yang bersifat kognitif dan hafalan, kurang berorientasi pada aspek pengamalan ajaran agama. Ketiga, Peningaktan profesionalitas dilaksanakan secara terpadu dan sistematis.
08SK088083.00 | SK 371.12 TSA o C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain