SKRIPSI PAI
Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tembang Ilir-ilir (Telaah Terhadap Pemikiran Sunan Kalijaga)..:..TIDAK TERSAJI
Penelitian ini berlatar belakang mengenai metode yang digunakan walisongo dalam mentransfer nilai-nilai pendidikan Islam kepada masyarakat dan sekaligus sebagai media penyebaran agama Islam. Metode yang digunakan adalah melalui lagu atau tembang yang diharapkan dapat melahirkan kehangatan perasaan dan vitalitas serta aktivitas dalam jiwa, sehingga dapat memberikan motivasi kepada manusia untuk mengubah perilakunya sesuai dengan pelajaran yang diambil dalam sebuah tembang. Salah satu tembang yang dipakai walisongo yang mengandung unsur pendidikan Islam adalah tembang ilir-ilir. Mengacu hal tersebut rumusan masalah yang dibahas adalah bagaimana pemikiran Sunan Kalijaga tentang tembang ilir-ilir, bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang ilir-ilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research dengan metode analisis data kualitatif yang bertumpu pada metode deskriptif dengan pendekatan hermeneutika. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Sunan Kalijaga menciptakan dan menggunakan tembang ilir-ilir, karena hal ini bagian dari cara penyebaran agama Islam melalui adat-istiadat dan budaya. Sunan Kalijaga memanfaatkan seni tradisi yang telah populer di tanah jawa sebagai upaya penyebaran agama Islam, karena sebelum Islam datang beberapa agama telah menyumbangkan jalan dan aturan yang benar bagi kehidupan. Disamping itu juga untuk menghindari konflik dengan raja dan natapraja. Ajaran Islam diajarkan setahap demi tahap melalui adat istiadat dan budaya yang ada, salah satunya adalah ilir-ilir. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tembang ilir-ilir antara lain nilai aqidah, syariah dan akhlak.
08SK088066.00 | SK 2X7.24 MIN n C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain