SKRIPSI PAI
Hubungan Pelaksanaan Metode Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa SMU Negeri 2 Pekalongan tahun 2004-2005.;TIDAK TERSAJI
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hidup. Pendidikan akan membawa anak kepada tujuan tertentu, yaitu menanamkan akhlak yang baik dan budi pekerti yang luhur serta norma-norma susila. Pendidikan agama semakin penting peranannya untuk menghadapi berbagai tantangan jaman. Oleh karena itu pelaksanaan metode pendidikan agama Islam terutama untuk membentuk akhlak yang baik sangat perlu diperhatikan. Mengacu hal tersebut permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode pendidikan agama Islam di SMU N 02 Pekalongan, bagaimana proses pembentukan akhlak siswa di SMU N 02 Pekalongan dan apakah ada hubungan antara metode pendidikan Agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pendidikan agama Islam di SMU N 02 Pekalongan cukup baik dengan dibuktikan oleh nilai rata-rata 79,15. Sementara untuk pembentukan akhlak siswa menunjukkan cukup baik dengan nilai rata-rata 77,63. Dari hasil korelasi disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan metode pendidikan agama Islam dengan pembentukan akhlak siswa SMU N 02 Pekalongan.
08SK088061.00 | SK 371.3 MAF h C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain