SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Kegiatan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Ujian Nasional (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Pekalongan)
Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai, pentingnya bimbingan belajar yang merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan guru kepada peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuannya. Bimbingan ini diperlukan karena untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan dalam rangka mengetahui mutu pendidikan maka diadakan penilaian hasil belajar secara nasional, yaitu dengan mengadakan ujian nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Pekalongan, bagaimana keberhasilan belajar siswa SMP Negeri 2 Pekalongan dan bagaimana pengaruh kegiatan bimbingan belajar tersebut terhadap prestasi belajar siswa pada Ujian Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kegiatan bimbingan belajar mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris adalah 8,78 termasuk kategori sangat baik, rata-rata prestasi belajar siswa pada ujian nasional adalah 8,42 dalam kategori sangat baik. Setelah dianalisa ternyata ada pengaruh yang positif antara kegiatan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada ujian nasional.
08SK088054.00 | SK 371.27 FAR t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain