SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI.:.Konsep Ulul Albab dalam Perspektif Pendidikan Islam (Telaah al Quran Surat Ali Imran Ayat 190-191)
Latar belakang penelitian ini adalah Allah menciptakan alam semesta beserta fenomenanya, agar manusia mau memikirkan rahasia-rahasia yang terkandung didalamnya. Karena dengan memikirkan, manusia dapat mencapai tingkat intelektual yang tinggi. Akan tetapi, ketinggian intelektual manusia dapat membawa kemadharatan, bahkan kehancuran bagi kehidupan manusia itu sendiri apabila tidak dibarengi dengan kehidupan rohani yang mantap yaitu kecintaan dan kedekatan kepada Allah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana konsep dzikir menurut interprestasi al Quran surat Ali Imran ayat 191, bagaimana konsep pikir menurut interprestasi al Quran surat Ali Imran ayat 191, dab bagaimana konsep ulul albab dalam perspektif pendidikan Islam menurut interprestasi al Quran surat Ali Imran ayat 190-191. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain, dzikir yang benar adalah dzikir yang dilakukan secara terus menerus dalam segala kesempatan dengan jumlah yang tidak terbatas dan tidak terpancang pada dzikir lisan saja, tetapi lebih mengaktifkan perasaan hati dan jiw asecara kontinyu, berfikir yang benar membawa banyak manfaat adalah berfikir secara ilmiah dan dilkukan dengan sungguh-sungguh serta tidak berhenti pada pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi semata, melainkan harus sampai pada sebab pertama dari fenomena alam yang diketahuinya yaitu Allah swt. Dengan demikian akan tercapai pribadi ulul albab, yang merupakan tujuan dari proses pendidikan Islam, yaitu terbentuknya manusia seutuhnya, beriman dan bertakwa kepada Allah serta mnampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah Allah di muka bumi, yang berdasarkan pada ajaran al Quran dan sunnah.
08SK088030.00 | SK 2X1.473 RID t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain