SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI...Pendidikan Akal dan Pendidikan Kognisi Bloom dalam Perspektif Islam (Suatu Studi Perbandingan)
Al Kindi dan Ibnu Sina menyebut macam-macam akal menunjukkan proses bekerjanya potensi-potensi dalam diri manusia. Pertalian intensif berbagai jenis akal, pada kondisi yang berbeda-beda telah menghasilkan pehubungan yang erat antara Tuhan dan manusia. Tuhan menciptakan manusia agar manusia dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dlam dunia pendidikan akal dikenal dengan istilah kognitif. Bloom mengklasifikasikan aspek kognitif menjai enam tingkatan yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Rumusan malasah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan akal menurut Islam, bagaimana pendidikan kognisi menurut Bloom dan dimana persamaan dan perbedaan antara pendidikan akal menurut Islam dan pendidikan kognisi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akal dalam perspektif Islam adalah pembentukan dan pembinaan berpikir seseorang dengan dibekali ilmu pengetahuan yang bermanfaat agar akalnya bisa berpikir dengan baik. Pendidikan akal dalam perspektif Islam meliputi akal teoritis dan akal praktis. Pendidikan kognisi adlaah segala upaya yang menyangkut aktivitas otak seperti pikiran, pemahaman, pertimbangan, penilaian dan pengolahan. Pendidikan kognisi berfungsi agar dapat memahami, meyakini, memecahkan masalah dan mengaplikasikan isi dan nilai amteri pelajaran. Bloom mebagi taksonomi dalam ranah kognisi menjadi enam tingkatan. Namum demikian, meskipun terdapat beberapa perbedaan akan tetapi satu sama lain saling melengkapi dan tidak saling bertentangan.
08SK088023.00 | SK 2X7.37 UMA t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain