SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI :Modernisasi Pendidikan Islam Sayid Ahmad Khan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap dan perilaku muslim yang dipengaruhi dari hasil pemikiran para ahli tafsir al Quran. Tatkala suatu pemikiran dimunculkan dan dianggap sesuai dengan keadaanzaman, pemikiran tersebut diterima oleh masyarakat Islam masa itu. Tetapi lama kelamaan situasi itu berubah. Pemikiran tadi adakalanya tidak sesuai lagi dengan keadaan yang baru. Maka para pemikir akhirnya memikirkan kembali hasil pemikiran lama itu untuk disesuaikan dengan keadaan yang baru. Jadi, pada hakikatnya istilah pembaharuan atau modernisasi itu sama saja, yaitu penerapan pemikiran modern dalam memajukan ISlam dan umat Islam. Rumusan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimana modernisasi pendidikan Islam menurut Sayid Ahmad Khan, apa saja kontribusi modernisasi pendidikan Islam menurut Sayid Ahmad Khan dan bagaimana relevansi modernisasi pendidikan Islam Sayid Ahmad Khan dengan pendidikan sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modernisasi pendidikan Islam Ahmad Khan diantaranya tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran lama, sistem pendidikan yang dikembangkan Ahmad Khan menganut sistem pendidikan Barat yang materialistis serta untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas dengan cara merekrut tenaga pengajar dari negara Eropa secara langsung dan merekrut tenaga pengajar dari negara-negara Eropa. Kontribusi modernisasi pendidikan Ahmad Khan dengan pendidikan sekarang bahwasanya metode dan teroti ahmad Khan masih sangat relevan terhadap pendidikan Islam modern sekarang ini. Metode dan teori Ahmad Khan perlu dijadikan pijakan awal dalam rangka menciptakan paradigma pendidikan Islam yang masih kalah jauh dengan orang-orang Eropa.
08SK088005.00 | SK 2X7.423 37 MUN t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain