SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SDN Jatisari 01 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2012
Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra
sekolah tersebut dimasyarakat luas. Untuk menjadikan budaya sekolah (school
culture) yang kokoh dan tetap eksis serta sebagai sekolah yang favorit
dimasyarakat harus melaksanakan aktifitasnya secara profesional dan
bertanggungjawab. School culture sangat vital perannya bagi sebuah proses
pendidikan. Sayangnya selama ini kita lebih sibuk bericara kurikulum, jumlah
ketersediaan guru, tunjangan guru, dan target kelulusan dalam ujian nasional;
sedikit sekali berbicara tentang budaya sekolah. Para pakar menyarankan tiga
tolok ukur untuk menilai seberapa tinggi budaya sekolah yang berhasil
diwujudkan oleh suatu sekolah. Pertama kehadiran, kedua sikap, dan ketiga
prestasi. Salah satu faktor yang memengaruhi prestasi siswa adalah kinerja guru
yang baik. Kenerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam
melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan
apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Adapun rumusan masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah
pertama, bagaimana Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01
Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2012?, kedua, bagaimana Kinerja
Guru di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01 Kecamatan Subah Kabupaten Batang
Tahun 2012?, ketiga, bagaimana Korelasi Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru
di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun
2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Budaya Sekolah di
Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01 Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun
2012, untuk mengetahui Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01
Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2012, untuk mengetahui Pengaruh
Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Jatisari 01
Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2012. Sedangkan kegunaan dari hasil
penelitian ini adalah sebagai pegangan SD Negeri Jatisari 01 dalam Menciptakan
budaya sekolah yang tetap eksis (sebuah upaya untuk meningkatkan mutu
pendidikan) menuju sekolah yang berpredikat unggulan dan mencapai prestasi,
sehingga dapat dijadikan acuan, sebagai pedoman dalam proses pemberdayaan,
pendampingan, pemberian advokasi dan pertimbangan bagi para pengelola,
pendamping, para pengawas atau organisasi penyelenggara sekolah untuk
mengembangkan ciri khasnya sebagai identitas sekolah serta dapat mewujudkan
dirinya sebagai satuan pendidikan unggulan yang islami yang dapat memenuhi
harapan masyarakat.
Metode penelitiannya meliputi desain penelitian, dimana penulis
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah
penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah adalah
menggunakan metode angket. Sedangkan analisis data digunakan teknik analisis
kuantitatif atau sering disebut statistik dimana penulis menggunakan rumus
korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan budaya sekolah di
SDN Jatisari 01 termasuk dalam kategori baik. Ini dibuktikan dengan hasil Mx =
43 yang terletak pada interval 43 – 44. Sedangkan pelaksanaan kinerja guru SDN
Jatisari 01 termasuk dalam kategori cukup baik. Ini dibuktikan dengan hasil My =
40 yang terletak pada interval 40 - 41. Sehingga pelaksanaan budaya sekolah
memiliki korelasi yang kuat terhadap kinerja guru di SDN Jatisari 01. Hal ini
dapat dilihat dari hasil rxy = 0,721 > rt = 0,320 pada taraf signifikan 5% dan rxy =
0,721 > rt = 0,413 pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian hipotesa yang
penulis ajukan diterima.
08SK087621.00 | SK PAI13.876 SUS k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain