SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Tentang Iman Kepada Rasul Allah Melalui Metode Resitasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sidorejo Comal Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung hal ini berdampak pada masih banyaknya siswa yang nilainya rendah atau masih belum tuntas pembelajaran [KKM]. Hal ini disebabkan karena banyak siswa yang kurang bersemangat dalam
belajar dan persediaan media serta penggunaan metode yang bersifat
konvensional, yaitu ceramah dan Tanya jawab saja. Untuk itu penulis mencoba
menggunakan metode resitasi sebagai salah satu alternatif yang akan diterapkan
untuk mengatasi masalah siswa dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar PAI
tentang Iman Kepada Rasul Allah sebelum menggunakan metode resitasi pada
siswa kelas V SDN 02 Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang tahun
pelajaran 2012/2013 dan bagaimanakah motivasi belajar PAI tentang Iman
Kepada Rasul Allah setelah menggunakan metode resitasi pada siswa kelas V
SDN 02 Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran
2012/2013.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK)
yaitu penelitian yang bertujuan untuk melakukan tindakan perbaikan. Sedangkan
jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan di SDN 02 Sidorejo Comal
Pemalang dan didesain dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilaksanakan
dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan
untuk menganalisis data yang ada digunakan analisis data perhitungan persentase
nilai siswa.
Hasil analisis dari penelitian bahwa pelaksanaan PTK yang dilakukan dengan
metode resitasi berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan
hasil nilai siswa dalam siklus I, II, dan III. Hasil prestasi siswa sebelum dilakukan
tindakan yaitu hanya mendapat nilai rata-rata 63,87 dengan persentase ketuntasan
35,48%. Setelah dilakukan tindakan yaitu siklus I maka nilai rata-rata hasil belajar
menjadi 72,87 dengan persentase ketuntasan 51,61%. Pada tahap siklus II terjadi
kenaikkan dengan hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 80,70 dengan
persentase ketuntasan 74,19%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata 87,06
dengan persentase 100%.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar dan menambah motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa
metode resitasi dapat meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat
diterima.
08SK087421.00 | SK PAI13.874 MUL u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain