SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pola Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Dalam Keluarga Buruh Besek Di Desa Kutorejo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Keluarga pada dasarnya merupakan lingkungan pertama dan utama bagi
hidup dan kehidupan anak, karena dalam keluargalah anak mendapat bimbingan
dan pengajaran pertama dan utama bagi hidup dan kehidupan anak oleh karena
pada keluargalah terpikul suatu kewajiban pertama untuk membimbing dan
mendidik anak. Pendidikan ini sebagai fondasi bagi anak-anaknya dalam
menjalani kehidupan, sehingga tercipta sikap, mental, dan perilaku anak yang
sesuai dengan syariat Islam. Dalam hal ini arus perekonomian telah membawa
dampak pada keluarga yang tinggal di daerah pinggiran atau pedesaan yang
kebanyakan ibu rumah tangganya berprofesi sebagai buruh besek.
Adapun rumusan masalah pada skripsi ini yaitu: Bagaimanakah Pola
Pendidikan Agama Islam bagi Anak dalam Keluarga Buruh Besek Di Desa
Kutorejo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan? Apa saja faktor pendukung
dan penghambat dalam menerapkan pendidikan agama Islam pada anak dalam
keluarga buruh besek di desa kutorejo kecamatan kajen kabupaten
pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan pola
pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga buruh besek di desa kutorejo
kecamatan kajen kabupaten pekalongan.
Desain penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan
penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan penelitiannya adalah penelitian
lapangan. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah dihasilkan dengan
menggunakan metode observasi, yaitu dengan cara terjun langsung ke tempat
penelitian untuk mengamati keadaan yang ada, metode Interview yaitu tanya
jawab secara lisan antara peneliti dan objek peneliti, sedangkan metode
Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data dari dokumen-dokumen berupa arsip
atau catatan penting yang mendukung penelitian.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari analisis data dapat diperoleh
temuan bahwa pada umumnya keluarga buruh besek memandang penting
pendidikan agama Islam yang dibuktikan dengan orang tua menerapkan berbagai
bentuk atau pola pendidikan bagi anak-anaknya. Adapun bentuk penerapan
kegiatan pendidikan agama Islam yang diterapkan: pembinaan iman dan tauhid,
pembinaan akhlak, pembinaan ibadah dan agama pada umumnya dan pembinaan
kepribadian dan sosial anak. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pola
pendidikan agama Islam dalam keluarga buruh besek adalah adanya tujuan yang
hendak dicapai. Sedangkan faktor yang menghambat penerapan pola pendidikan
agama Islam adalah kesibukan orang tua sebagai buruh besek yang bekerja dari
pagi sampai sore bahkan sampai malam dan rendahnya pendidikan orang tua.
08SK087221.00 | SK PAI13.872 MUL p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain