SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Tipe Belajar Siswa Kelas XII Di SMA Takhasus Al Quran Kalibeber Wonosobo
Tipe belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika menyadari bagaimana seseorang menyerap dan mengolah informasi belajar dan berkomunikasi menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Perlu disadari bahwa tidak semua orang
mempunyai tipe belajar yang sama. Kemampuan sesorang untuk memahami dan
menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Di SMA Takhasus, sebagian
besar siswa belajar dengan cara membaca, diskusi. Mereka membaca dan menghafal
dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu kita harus bias memahami tipe belajar
sendiri.
Atas dasar pemikiran diatas maka rumusan masalah ini adalah 1. Bagaimana
tipe belajar siswa dalam belajar pelajaran sekolah 2. Bagaiamana tipe belajar siswa
dalam hafalan Al Quran? Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan
model belajar siswa dalam mempelajari pelajaran sekolah, mendeskripsikan
tipe/model belajar siswa dalam menghafal Al Quran. Adapun kegunaan skripsi ini
adalah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas mengenai tipe
belajar siswa serta dapat membantu para guru agar media dalam pembelajaran sesuai
dengan tipe belajar siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, diajukan untuk
mendekripsikan dan menganalisis tipe belajar. Adapun prosedur pengumpulan data
yaitu dengan mengguanakan metode observasi dan dokumentasi serta wawancara.
Adapun teknik analisisnya adalah menggunakan analisis induktif Induktif adalah
proses dimana peneliti mengumpulkan data berupa transkip hasil wawancara, catatan
lapangan dan hasil observasi, dan maupun catatan yang lainnya yang relevan dengan
penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah bahwa Tipe belajarsiswakelas XII SMA Takhasus
Al Quran beraneka ragam ada yang kinestetik, visual dan Auditorial namun, diantara
mereka kebanyakan tipe belajarnya adalah auditorial. Dari subjek yang penulis tetli
tiada 4 siswa yang tipe belajarnya auditorial, ada 3 siswa yang tipe belajarnya visual,
dan 2 siswa yang tipe belajarnya kinestetik tipe belajar hafalan siswa sesuai dengan
tipe belajar mereka, yaitu 4 orang tipe belajarnya kenstetik, 2 orang visual dan 2
orang auditorial. Oleh karena itu mereka lebih bisa menghafal Al Quran maupun
Hadist dengan lancar.
08SK086321.00 | SK PAI13.863 AFI t C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain