SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Konsep Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Nurcholish Madjid
Dewasa ini, lembaga pendidikan Islam di Indonesia, mengalami berbagai tantangan yang sangat kompleks, seiring dengan kompleksitas persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat manusia kontemporer, yaitu adanya kesenjangan yang cukup parah antara ajaran dan kenyataan. Dari sekian banyak kemungkinan melihat keadaan umat Islam Indonesia tersebut, Nurcholish Madjid tampil sebagai pembaharu dalam memodernkan sistem pendidikan Islam yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah sistem pendidikan Islam yang ideal (efektif dan efisien), keunggulan dari sistem pendidikan pada masa lampau yang dianggap masih baik dijadikan sebagai sebuah rujukan untuk membuat suatu konsep sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien yang bertujuan untuk kebahagiaan hidup manusia di dunia maupun di akhirat kelak. Maka dalam merespons modernitas, pendidikan diupayakan melalui keterlibatan kreatif dari nilai-nilai otentik Islam yang ditransformasikan ke dalam lingkup sosial budaya.
Atas dasar pemikiran di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini ialah bagaimana konsep modernisasi pendidikan Islam dalam perspektif Nurcholish Madjid? bagaimana kontribusi konsep modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid dalam konteks kekinian? adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid, dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi konsep modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid dalam konteks kekinian. Sedangkan, kegunaan penelitian ini ialah dapat menambah informasi tentang konsep modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid, memperluas pemahaman penulis tentang sistem pendidikan Islam, serta sebagai bahan koreksi terhadap keberadaan pendidikan Islam di Indonesia.
Jenis Penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan menelaah beberapa literatur yang dilakukan dari berbagai referensi yang sekiranya relevan dengan hal-hal yang akan dikaji. Dan jenis data yang dihasilkan ialah data kualitatif. Karena penelitian ini merupakan penelitian pustaka, maka data-data yang ditelusuri akan dikumpulkan dengan metode dokumentasi, yaitu mencari dan menggali data dari berbagai bahan bacaan yang terkait dengan permasalahan.
Hasil penelitian konsep modernisasi pendidikan Islam dalam Perspektif Nurcholish Madjid ialah model pendidikan yang memadukan unsur keislaman, ke-indonesia-an, dan keilmuan. Pendidikan menurutnya diharapkan mampu menciptakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai identitas kultural yang lebih sejati sebagai konsep pendidikan masyarakat Indonesia baru yang didalamnya juga akan ditemukan nilai-nilai universalitas Islam yang mampu melahirkan suatu peradaban masyarakat Indonesia yang mampu menjawab berbagai tantangan zaman.
08SK086221.00 | SK PAI13.862 RIS k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain