SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Metode Planted Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di Kelas IV MI Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan Tahun Pelajaran 2012-2013
Kegiatan pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengarahkan siswa pada peningkatan penguasaan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, pengembangan sikap dan nilai-nilai pendidikan siswa. Untuk
mendapatkan penguasaan materi, dalam kegiatan pembelajaran dibutuhkan cara
belajar yang baik yang dipergunakan guru dan siswa karena turut menentukan
hasil belajar yang diharapkan. Metode dan cara yang tepat akan membawa hasil
yang memuaskan, sedangkan cara yang tidak sesuai akan menyebabkan belajar itu
kurang berhasil dan kurang efisien. Penggunaan metode yang masih konvesional
dan monoton, mencatatkan di papan tulis, membaca dan kemudian siswa
menirukan, hal tersebut ternyata menjadikan siswa tidak mampu menyerap
pelajaran tersebut secara maksimal dikarenakan bagi sebagian siswa, mencatat
dan menirukan adalah aktifitas yang sangat menjemukan. Salah satu metode
alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan adalah menghadirkan sebuah
pembelajaran aktif kepada siswa yang salah satunya adalah metode Planted
Questions (Pertanyaan rekayasa). Metode Planted Questions adalah sebuah
metode pembelajaran yang membantu siswa untuk mempresentasikan informasi
dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan atau diberikan
sebelumnya kepada siswa tertentu. Dalam metode Planted Questions
pelaksanaanya seperti guru sedang memberikan pelajaran seperti biasanya, namun
guru pada tengah kegiatan pembelajaran melaksanakan sesi Tanya jawab. Dalam
tanya jawab tersebut, guru akan menunjuk ke siswa yang pasif atau siswa yang
tidak pernah bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam-jam pelajaran
dengan otomatis guru akan melihat kemampuan interpretasi pemahaman
pembelajaran siswanya secara langsung ketika siswa tidak bisa menjawab
pertanyaan tersebut maka guru akan menunjuk siswa yang pasif juga untuk
membantu menjawab, secara tidak langsung hal ini menumbuhkan kepercayaan
dan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah pelaksanaan metode Planted Questions dalam pembelajaran SKI di
Kelas IV M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan?, Bagaimanakah prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas IV M.I. Salafiyah Jenggot 04
Pekalongan Selatan? Bagaimanakah pengaruh metode Planted Questions terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas IV M.I. Salafiyah Jenggot
04 Pekalongan Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
metode Planted Questions dalam pembelajaran SKI di Kelas IV M.I. Salafiyah
Jenggot 04 Pekalongan Selatan, Untuk mengetahui prestasi belajar SKI di kelas
IV M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan,Untuk mengetahui Pengaruh metode Planted Questions terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
SKI di kelas IV M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan. Hasil penelitian
ini diharapkan memberikan kontribusi dalam mata pelajaran SKI dan memberikan
gambaran dan masukan yang positif mengenai pelaksanaan metode Planted
Questions dala kegiatan pembelajaran SKI di Kelas IV.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan melalui angket, dokumentasi, wawancara, dan
observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan
menggunakan analisis product moment.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan korelasi product moment dapat
terlihat adanya pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode
Planted Questions terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di
Kelas IV M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan. Hal ini dapat dibuktikan
melalui presentase pengaruh metode Planted Questions terhadap siswa kelas IV di
M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan Selatan dengan nilai 30% dan juga
persentase nilai rapor Pendidikan Agama Islam semester ganjil tahun 2012-2013
dengan nilai 26,6% yang mempunyai kualifikasi Baik Sekali. Setelah keduanya
dikorelasikan dengan menggunakan product moment diperoleh r
xy = 0,483 di mana nilai tersebut berarti lebih besar baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode Planted Questions kepada siswa kelas IV di
M.I. Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan mempunyai korelasi positif yang
signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas IV di M.I.
Salafiyah Jenggot 04 Pekalongan Selatan, sehingga hipotesis yang penulis ajukan
diterima. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat
pengaruh positif antara Pengaruh Metode Planted Questions Terhadap Prestasi
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Kelas IV M.I Salafiyah Jenggot 04
Pekalongan Selatan) dapat dibuktikan kebenarannya.
08SK086121.00 | SK PAI13.861 HER p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain