SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Pelaksanaan Pengembangan Diri Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Minat Siswa SMP N 09 Batang
Pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal ini tidak lepas
dari tujuan pendidikan nasional yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan agama menghadapi
beberapa kendala, diantaranya waktu yang disediakan hanya 2 jam pelajaran (40
menit) dengan muatan materi yang begitu padat dan memang penting yaitu
menuntut pemantapan pengetahuan hingga terbentuknya watak dan kepribadian
yang berbeda jauh dengan mata pelajaran yang lain. Minat adalah kecenderungan
seseorang terhadap sesuatu atau biasa dikatakan apa yang disukai seseorang untuk
dilakukan. Kegiatan pengembangan diri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam adalah pendidikan di luar jam mata pelajaran yang dilakukan guru
Pendidikan Agama Islam yang bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan bakat
dan minat dalam keagamaan.
Rumusan masalah dari penelitian ini, pertama, bagaimana penerapan
pengembangan diri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 09
Batang. Kedua, bagaimana minat siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP N 09 Batang. dan Ketiga, bagaimana pengaruh pelaksanaan
pengembangan diri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap
pengembangan minat siswa di SMP N 09 Batang.
Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif
yaitu data yang berbentuk angka. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu
menggunakan bentuk penelitian studi lapangan. Sedangkan metode pengumpulan
datanya menggunakan metode angket, metode observasi, interview, dan
dokumentasi hanya digunakan untuk melengkapi penelitian ini. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik dengan
rumus korelasi product moment.
Dari hasil penelitian pelaksanaan pengembangan diri dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP N 09 Batang, mempunyai kategori baik, hal ini
dibuktikan dengan perolehan skor hasil angket sebesar 47,82 dalam rentang
interval 46 – 47 yang termasuk dalam kategori baik. Pengembangan minat siswa
SMP N 09 Batang, mempunyai kategori cukup, hal ini dibuktikan dengan
perolehan skor hasil angket sebesar 50,53 dalam rentang interval 48 – 51 yang
termasuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian lapangan, menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan diri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap pengembangan minat
siswa SMP N 09 Batang. Hal ini dibuktikan dari pengujian tabel rt diperoleh
hasil taraf signifikan 5% rh = 0,600 > 0,316 dan pada taraf signifikan 1 % rh =
0,600 > rt = 0,408 karena rh > rt maka hipotesis yang ajukan dapat diterima.
08SK085821.00 | SK PAI13.858 BAI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain