SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Studi Komparasi Tentang Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Anak Didik Putera Dan Puteri Di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan
Keberhasilan pembelajaran siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar atau
prestasi belajar. Nilai hasil belajar dapat dipakai sebagai parameter untuk menilai
tingkat keberhasilan proses kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu
pendidikan, prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor
ekstern. Faktor intern meliputi sikap terhadap belajar, motivasi belajar, konsentrasi
belajar, mengolah bahan belajar, menggali hasil belajar yang tersimpan, kemampuan
berprestasi, dan kemampuan siswa. Sedangkan faktor ekstern meliputi guru sebagai
pembina peserta didik, sarana dan prasarana, lingkungan, dan kurikulum. Prestasi
belajar adalah suatu hasil nyata yang diperoleh siswa setelah mereka mengikuti
pendidikan atau latihan-latihan tertentu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam anak didik putera di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan?
bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak didik puteri di SD Negeri
Keputran 02 Pekalongan? faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan prestasi
belajar pendidikan agama Islam anak didik putera dan puteri di SD Negeri Keputran
02 Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam anak didik putera di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan,
untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam anak didik puteri di SD
Negeri Keputran 02 Pekalongan, untuk mengetahui faktor yang menyebabkan
perbedaan dan persamaan prestasi belajar pendidikan agama Islam anak didik putera
dan puteri di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis
diharapkan dapat berguna sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran bagi guru
dalam mendidik anak didiknya khususnya menerapkan cara pengajaran yang tepat
kepada anak didiknya agar mereka memahami materi yang diajarkan serta dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran khususnya mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Secara praktis diharapkan dapat berguna untuk
memberikan masukan kepada guru di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan tentang
cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan cara mengajar yang mereka
pergunakan dalam mendidik dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif
dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, prestasi belajar Pendidikan
Agama Islam anak didik putera di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan sudah baik,
hal ini dapat dilihat dari nilai raport siswa kelas VI semester I 100 % sudah tuntas
belajar atau sudah di atas nilai KKM yang telah ditentukan yakni 65, serta tidak
ditemukan pula beberapa kendala yang berarti dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi anak didik putera. Kedua, prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam anak didik puteri di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan belum baik, hal ini
dapat dilihat dari nilai raport siswi kelas VI semester I 47,1 % atau 8 siswi yang
sudah tuntas belajar dan 52,9 % atau 9 siswi yang belum tuntuas belajar atau
memiliki nilai di bawah nilai KKM yang telah ditentukan yakni 65. Ketiga, faktor
yang menyebabkan perbedaan prestasi belajar pendidikan agama Islam anak didik
putera dan puteri di SD Negeri Keputran 02 Pekalongan, antara lain: adanya rasa
malu dan takut dari anak didik puteri dalam pembelajaran, kurangnya kesiapan
sarana dan prasarana anak didik puteri dalam pembelajaran, serta banyak anak didik
puteri yang tidak mengikuti TPQ di rumah. Sedangkan faktor persamaannya antara
lain: dapat menangkap penjelasan guru dengan baik, mau mengerjakan soal latihan
yang diberikan oleh guru, Mau menghafal tugas yang diberikan oleh guru, samasama
mengikuti ulangan Pendidikan Agama Islam, serta sama-sama mengikuti
kegiatan Pendidikan Agama Islam di luar kelas.
08SK085121.00 | SK PAI13.851 KHO s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain