SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Integrasi Nilai Religius Dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI Salafiyah Syafiiyah Proto 01 Kedungwuni
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah anggapan bahwa penguasaan materi Matematika oleh peserta didik dianggap sebagai suatu tolok ukur keberhasilan dan tingginya tingkat kemampuan seseorang dalam pembelajaran. Selain itu masih adanya proses sekularisasi ilmu, yakni pemisahan antara ilmu agama dan pengetahuan umum. Nilai-nilai keimanan dan ketakwaan hanya menjadi bagian dari mata pelajaran pendidikan agama, sementara mata pelajaran yang lain mengajarkan bidang ilmunya seolah-olah tidak ada hubungannya dengan masalah nilai keimanan dan ketakwaan.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai apa yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni?; (2) Bagaimana model pengintegrasian nilai religiud dalam proses pembelajaran Matematika kelas IV di MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni?. Adapun penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengekplorasi nilai religius yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran Matematika kelas IV di MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kedungwuni. (2) Untuk mendiskripsikan model pengintegrasian nilai religius dalam proses pembelajaran Matematika kelas IV di MI Salafiyah Syafiiyah Proto 01 Kedungwuni.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Analisa data kualitatif adalah bersifat induktif. Untuk memperoleh keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Yang menjadi sumber data primer yaitu guru kelas IV, siswa kelas IV, silabus pembelajaran Matematika kelas IV, RPP Matematika kelas IV dan catatan harian guru dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran Matematika adalah nilai kerjasama, disiplin, tanggung jawab, serta hormat dan perhatian (respect); (2) Model pengintegrasian nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran matematika melalui pemilihan media pembelajaran dan melalui proses pembelajaran; (3) Dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama secara berulang-ulang dalam pembelajaran matematika maka pendidikan agama Islam dapat menjadi ruh dalam pembelajaran.
08SK084721.00 | SK PAI13.847 RUS i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain