SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Perpustakaan Keliling Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa SMPN 1 Subah Kec. Subah Kab. Batang
Mengembangkan minat baca bagi masyarakat, khususnya siswa sekolah menyangkut berbagai faktor. Salah satu faktor yang harus disiapkan adalah seperangkat buku sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan minat baca. Dalam hal ini perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan minat dan kegemaran membaca. Peran perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan sangat penting keberadaannya, karena dengan adanya perpustakaan siswa dapat menikmati buku bacaan dan membantu kegiatannya di sekolah. Tak dapat dipungkiri bahwa tingkat pengetahuan siswa SMP masih kurang, hal ini disebabkan oleh kurangnya minat serta perhatian siswa mengenai pentingnya membaca, kurang beragamnya koleksi perpustakaan sekolah, kondisi lingkungan sosial yang kurang kondusif, dan kurang tersedianya waktu untuk membaca. Untuk itu layanan yang diberikan oleh Perpusda Kab. Batang berupa kunjungan Perpustakaan Keliling di SMP N 1 Subah Kec. Subah Kab. Batang turut membantu mengembangkan minat baca siswa di sekolah tersebut.
Dengan demikian muncul permasalahan mengenai bagaimana peran perpustakaan keliling dalam mengembangkan minat baca siswa SMP N 1 Subah sehingga layak untuk diteliti lebih lanjut.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang akan dilakukan di tempat kejadian gejala-gejala yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dalam hal ini adalah siswa pengunjung perpustakaan keliling dan petugas perpustakaan keliling Kab. Batang. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku teks yang relevan, internet, dokumen, arsip, dan buku-buku teori tentang perpustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Disamping itu penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap objek yang diteliti, interview atau wawancara yaitu dimana diadakannya tanya jawab antara peneliti dengan responden, dan dokumentasi yaitu cara memperoleh informasi melalui mencatat atau merekam peristiwa di lokasi penelitian, adapun analisis yang digunakan adalah dengan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran perpustakaan keliling dalam mengembangkan minat baca siswa SMP N 1 Subah, yakni sebagai lembaga untuk mengembangkan minat baca melalui penyediaan berbagai bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagai jembatan yang menghubungkan sumber informasi atau ilmu pengetahuan dengan siswa pengunjung, sarana untuk menjalin komunikasi antar siswa pengunjung, sarana dalam mencari referensi-referensi lain bilamana di perpustakaan sekolah tidak tersedia, dan sebagai sarana edukasi. Dari peran perpustakaan keliling tersebut, terlihat bahwa pengunjung yang membaca di tempat ataupun meminjam buku untuk dibaca di rumah semakin bertambah, serta terdapat siswa yang berpesan kepada petugas agar dapat mengusahakan buku yang dibutuhkan. Selain itu, siswa dilatih bertanggungjawab atas bahan bacaan yang mereka pinjam dengan mengembalikan tepat waktu, dan meminjam maksimal 3 eksemplar buku untuk dibaca di rumah. Namun hasil wawancara didapati data bahwa animo siswa untuk membaca bahan bacaan yang disediakan perpustakaan keliling sehingga menumbuhkan minat baca siswa pada taraf sedang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya waktu kunjungan perpustakaan keliling di sekolah tersebut, layanan yang bersifat self service yang kadang membingungkan bagi pengunjung baru, kadang kurang beragamnya koleksi buku yang dibutuhkan siswa, kurangnya waktu khusus bagi siswa untuk membaca bahan bacaan yang mereka pinjam, dan kesibukan siswa dengan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah serta kegiatannya di rumah yang turut menyita waktu untuk membaca buku.
08SK084121.00 | SK PAI13.841 PUT p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain