SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pengaruh Gezag Pendidik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS Kertijayan Buaran Kab. Pekalongan
Motivasi belajar sangat diperlukan oleh siswa. Motivasi dapat diperoleh melalui faktor intern (dalam diri siswa sendiri) dan faktor ekstern meliputi keadaan sosial, budaya, dan lingkungan serta peran kewibawaan seorang guru. Untuk dapat memenuhi hal tersebut. Untuk itu bagi seorang guru harus dapat menjaga citra kepribadiannya dan mampu memberi motivasi atau semangat belajar kepada siswa sehingga selalu berwibawa dan dihormati oleh siswanya. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana gezag pendidik , motivasi belajar siswa dan pengaruh gezag pendidik terhadap motivasi belajar siswa di MIS Kertijayan Buaran Kab. Pekalongan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gezag pendidik, motivasi belajar siswa dan pengaruh gezag pendidik terhadap motivasi belajar siswa di MIS Kertijayan Buaran Kab. Pekalongan. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi pendidik bahwa dengan adanya gezag bagi seorang pendidik maka siswa akan termotivasi dalam belajar sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angka-angka statistik. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa MIS Kertijayan Buaran Kab. Pekalongan dengan teknik sampel snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interviu atau wawancara dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh gezag pendidik terhadap motivasi belajar siswa di MIS Kertijayan Buaran Kab. Pekalongan adalah Pertama, gezag pendidik di MIS Kertijayan Kab. Pekalongan termasuk kategori cukup karena hasil angket menunjukkan rata-rata 107 yang terdapat dalam interval 106 – 107, sehingga dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar ditinjau dari pedagogik, kepribadian dan profesionalnya. Kedua, Motivasi belajar siswa di MIS Kertijayan Kab. Pekalongan termasuk kategori cukup karena hasil angket menunjukkan nilai rata-rata 104 yang terdapat pada interval 102 – 104. Dan Ketiga, pengaruh gezag pendidik terhadap motivasi belajar siswa MIS Kertijayan Kab. Pekalongan temasuk kategori yang sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian, dihasilkan rxy = 0,999. nilai 0,999 bertanda positif. Bilangan 0,999 terletak pada interval 0,91 – 1,00. Menurut tabel patokan interpretasi nilai r product moment, antara variable X dan Y terdapat pengaruh yang sangat kuat.
08SK084021.00 | SK PAI13.840 SID p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain