SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiyah Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas III SDN 02 Rembun Kecamatan Siwalan Tahun Pelajaran 2012/2013
Pengaruh lingkungan atau faktor luar sangat berpengaruh terhadap
perkembangan aspek-aspek psikologis sang anak, maka peran pendidikan sangatlah
penting dalam proses pembentukan dari tingkah laku atau kepribadiannya tersebut.
Dalam hal ini, pendidikan keluarga merupakan salah satu aspek penting, karena di
lingkungan inilah pertama kalinya terbentuknya pola dari tingkah laku atau
kepribadian seorang anak tersebut. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam sangatlah
penting dalam menjalankan kehidupan sehari-sehari adalah merupakan faktor-faktor
yang baik di terapkan dalam memberikan bekal dalam hal pendidikan dasar dan
pergaulan anak dari hal-hal yang negatif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan
Pembelajaran Agama Islam di SDN 04 Purwoharjo Comal? Bagaimana perilaku
siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal? Bagaimana korelasi Pembelajaran Agama
Islam terhadap perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal?. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Agama Islam, untuk mengetahui
perilaku siswa, serta untuk mengetahui korelasi Pembelajaran Agama Islam terhadap
perilaku siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal. Kegunaan penelitian secara praktis
adalah memberikan motivasi dan pemahaman kepada guru dan orang tua di SDN 04
Purwoharjo Comal dalam mendidik dan mengarahkan anaknya.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa SDN 04 Purwoharjo Comal yang terdiri dari kelas IV sebanyak 20
siswa, kelas V sebanyak 11 siswa dan kelas VI sebanyak 17 siswa. Jadi jumlah
seluruh populasi penelitian sebanyak 48 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data
dalam penelitian ini observasi, angket, interview dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dengan rumus statistik korelasi
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Agama Islam
di SDN 04 Purhowarjo Comal termasuk kategori baik. Perilaku siswa di SDN 04
Purwoharjo Comal termasuk dalam kategori cukup baik. Setelah dilakukan penelitian
diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,454 dengan N = 48, dalam pedoman interpretasi
nilai r terletak pada interval 0,41 – 0,70, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar
variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi positif yang cukup atau sedang. Peneliti
menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 % dan 1%. Didapatkan
kesimpulan yang sama yakni antara pembelajaran Agama Islam terhadap perilaku
siswa di SDN 04 Purwoharjo Comal terdapat korelasi positif yang signifikan.
Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.
08SK083221.00 | SK PAI13.832 MUY u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain