SKRIPSI PAI
Membentuk Moralitas Peserta Didik Di Era Kontemporer [ Studi Kasus Pemikiran Paulo Freire dan K.H. Hasyim Asyari]
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa derasnya arus modernitas di Indonesia era sekarang ini telah mendominasi pola pikir, sikap dan perilaku peserta didik, sehingga sedikit banyak telah berpengaruh pada moralitas peserta didik di era kontemporer. Peserta didik di era sekarang bisa dikatakan mengalami degradasi moral. Permasalahan moralitas peserta didik ini harus segera diatasi melalui pendidikan. Paulo Freire menawarkan pendidikan kritis sebagai upaya pembentukan moralitas peserta didik melalui kesadaran kritis. Pendidikan kritis berupaya untuk menciptakan peserta didik yang mampu beradaptasi dengan peradaban. Melalui pendidikan kritis itulah akan dihasilkan output yang tidak sekedar cerdas tetapi peka dan kritis terhadap realitas sosial. Pembentukan moralitas melalui pendidikan kritis merupakan upaya penyadaran. Sedangkan menurut K.H. Hasyim Asyari bahwa menuntut ilmu akhlak dan mengamalkannya adalah wajib. Karena sesungguhnya meluruskan karakter dan mendidik akhlak melalui pendidikan budi pekerti adalah sebuah keharusan. Peran pendidikan disamping berfungsi dalam mengembangkan kreatifitas dan produktifitas juga berperan besar dalam upaya mengembangkan moralitas dan penanaman nilai-nilai, baik nilai-nilai insani maupun nilai-nilai ilahi. Pembentukan moralitas peserta didik lebih pada penanaman nilai-nilai islami . Penekanannya lebih pada yang bersumber atau dipengaruhi oleh ajaran agama islam. Relevansi kedua pemikiran tokoh tersebut dengan konteks pendidikan sekarang akan menghasilkan pendidikan alternatif sebagai pembentuk moralitas peserta didik. Pendidikan yang mampu mengantarkan peserta didik untuk menjadi subjek yang memiliki kesadaran kritis dan juga mempunyai moral yang didasarkan pada nilai-nilai agama. Sehingga peserta didik menjadi manusia yang sesuai fitrahnya dan menjadi khalifah fil ardh yang memberi rahmat bagi semesta alam dengan menggunakan kesadaran kritisnya
00SK008321.00 | SK PAI12.083 LAE m C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain