SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Minat Membaca Peserta Didik SD Negeri Menguneng 01 Warungasem Batang
Dalam lingkungan keluarga orang tua adalah manusia yang pertama dikenal oleh setiap individu. Peran orang tua dalam pendidikan anak adalah suatu kenyataan bahwa orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Pola asuh, perhatian dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar anak di rumah secara psikologis akan menumbuhkan motivasi dalam belajar, dengan demikian secara tidak langsung juga akan meningkatkan minat membaca.
Dengan demikian, timbul permasalahan: bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan minat membaca peserta didik SD Negeri Menguneng 01?, bagaimana minat membaca peserta didik SD Negeri Menguneng 01? Kegunaan penelitian ini secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam bidang pendidikan, khususnya yang berhubungan dengan teori minat membaca. Sedangkan secara praktis diharapkan dapat menjadi masukan atau input dan pedoman dalam upaya membangkitkan minat membaca peserta didik di SD Negeri Menguneng 01, serta sebagai salah satu syarat memperoleh gelar S1 dalam ilmu pendidikan Islam.
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi, sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian bahwa orang tua peserta didik berpartisipasi dalam mengembangkan minat baca pada anak, walaupun terdapat juga dari mereka yang kurang memperdulikan belajar peserta didik. Diantara peran orang tua dalam mengembangkan minat baca pada anak adalah dalam bentuk membimbing anak-anak dalam belajar membaca, melatih anak-anak untuk belajar, menasehati anak-anak untuk selalu belajar membaca, menjadi teladan bagi anak-anak, mendorong kreativitas anak, membangkitkan minat membaca anak, menceritakan bacaan untuk anak-anak, dan mengevaluasi hasil belajar membaca anak. Alasan orang tua peserta didik adalah bahwa partisipasi dalam proses belajar mengajar tidak hanya guru yang berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran, tetapi orang tua harus juga turut andil. Dari hasil pengolahan dan analisis data ditemukan bahwa minat membaca peserta didik di SD Negeri Menguneng 01 termasuk baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penyebaran angket yaitu prosentase rata-rata jawaban terbanyak adalah 91 % yang menjawab selalu membaca. Hasil observasi dan wawancara peneliti diperoleh bahwa peserta didik minat dalam membaca apalagi jika ada orang yang menemaninya dalam membaca.
08SK082821.00 | SK PAI13.828 ZAK p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain