SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Studi Komparasi Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di MIS Dan MIM [Studi Di Desa Kauman Wiradesa Pekalongan]
Motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh dalam setiap jenjang pendidikan bagi anak-anak mareka. Banyak alasan dan motivasi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan untuk anak-anak nya. Motivasi dari orang tua dalam hal pendidikan merupakan sesuatu dorongan yang sangat penting bagi seorang anak karena anak adalah makhluk yang memerlukan bimbingan, memperoleh kepandaian, ketrampilan dan pembentukan sikap demi keberlangsungan hidupnya kelak. Semua itu bisa terwujud dengan pendidikan yang diberikan orang tua melalui suatu lembaga pendidikan yang baik. Dengan demikian anak mempunyai bekal pengetahuan dan ketrampilan untuk menghadapi hidup dimasa yang akan datang, dengan berbekal pendidikan diharapkan anak mampu beradaptasi, bersaing dan bertahan serta diterima oleh masyarakat luas.
Permasalahan yang diunkap pada penelitian ini adalah bagaimana motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS Desa Kauman Wiradesa Pekalongan dan bagaimana motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIM Desa Kauman Wiradesa Pekalongan serta bagaimana komparasi motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS dan MIM Desa Kauman Wiradesa Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di MIS dan MIM di Desa Kauman Wiradesa Pekalongan dan untuk mengetahui perbedaan motivasi dari orang tua menyekolahkan anaknya di MIS dan MIM di Desa Kauman Wiradesa Pekalongan. Kegunaan penelitian ini guna memberikan wawasan dan wacana mengenai motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS dan MIM juga diharapkan mampu meningkatkan motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak baik di MIS maupun MIM.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode interview, metode angket, metode observasi, serta untuk menganalisa data menggunakan rumus teknik analisis komparasional tes t yaitu untuk mengetahui komparasi motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS dan MIM di Desa Kauman Wiradesa Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS Kauman dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai mean 72 berada pada interval 71-73. Sedangkan motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIM Kauman dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada nilai mean 71 berada pada interval 70-72. Berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan rumus tes untuk mengetahui komparasi motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIS dan MIM. Diketahui apabila t0 > tt maka Ho ditolak, Ha diterima, disimpulkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel I dengan variabel II. Dan apabila t0 < tt ,maka Ho diterima dan Ha ditolak, disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel I dengan variabel II. Sedangkan harga tt pada taraf signifikan 1 % adalah 2,660 dan harga tt pada taraf signifikan 5% adalah 2,000. Dari hasil analisis bahwa t0 1,552 lebih kecil dari tt, baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% ( 2,660> 1,552 < 2,000 ). Maka hipotesis yang diajukan ditolak karena tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel X (Motivasi orang tua menyekolahkan di MIS) dengan Variabel Y (Motivasi orang tua menyekolahkan anak di MIM).
08SK082721.00 | SK PAI13.827 ASI s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain